Home Agama Wapres akan Buka Rakernas I Al Washliyah

Wapres akan Buka Rakernas I Al Washliyah

Dihadiri 32 Pimpinan Wilayah dan Enam Perwakilan Luar Negeri

343
0
SHARE
Wapres  akan Buka Rakernas I Al Washliyah

Keterangan Gambar : Ketua Umum Al Washliyah DR. KH Masyhuril Khamis SH, MM (kanan) didampingi Sekjen DR. Ir. H. Amran Arifin, MM, MBA, saat memberikan keterangan. (foto aboe)

Wapres  akan Buka Rakernas I Al Washliyah

Dihadiri 32 Pimpinan Wilayah dan Enam  Perwakilan Luar Negeri

Jakarta, parahyangan-post.com- Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dipastikan membuka Rakernas I  Al Jamiyatul Washliyah yang akan berlangsung di Hotel Mercure Ancol Jumat-Minggu, (10-12 Juni 2022). Hal tersebut disampaikan Ketua Umumnya DR. KH Masyhuril Khamis SH, MM di Jakarta, Selasa 7/2.

“Insya Allah Rakernas  akan dibuka oleh Wapres KH Ma’ruf Amin di Istana Wapres. Sedangkan kegiatan berlangsung di Hotel Mercure Ancol,” jelas Masyhuril didampingi Sekjen DR. Ir. H. Amran Arifin, MM, MBA, dan sejumlah petinggi lain.

Lebih jauh dijelaskan, selain Wapres, sejumlah pejabat tinggi dan tokoh nasional juga akan  hadir memberikan materi. Diantaranya, Menko PMK Prof. DR. H. Muhadjir Effendy M.A.P, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) DR. Sofyan A Djalil SH, MA, MALD, Meneg BUMN Eric Tohir, Menteri Agama  H. Yaqut Cholil Qoumas (dalam konfirmasi), anggota DPR DR. Ir. Sufmi Dasco Ahmad, Gubernur DKI H. Anies Rasyid Baswedan SE, MPP, Ph.D, Ketua MUI , Ketua Umum PB NU dan Ketua Umum PP Muhmmadiyah.

Hadirnya sejumlah pejabat tinggi negara dan tokoh nasional ini, menurut Masyhuril, untuk memberi masukan sekaligus wawasan kebangsaan kepada seluruh anggota. Sehingga  mempunyai pandangan yang luas dan dapat menyikapi perkembangan hidup bernegara yang benar.

“Harus dipahami, kami bukan organisasi politik. Kami adalah ormas dakwah, sosial dan pendidikan.   Mempunyai ribuan sekolah, pesantren, perguruan tinggi dan panti asuhan yang tersebar di seluruh tanah air. Juga di luar negeri. Hadirnya para pemimpin nasional ini tentu akan memberikan pencerahan kepada seluruh peserta rapat. Sehingga rakernas I ini melahirkan keputusan-keputusan yang berpihak kepada kemashlahatan umat demi  kemanjuan bangsa,” terang Masyhuril yang juga Ketua Perbaikan Ahklak dan Moral Bangsa  MUI ini.

Beberapa isu penting yang akan dibahas, lanjut Masyhuril, diantaranya masalah penserifikatan tanah wakaf. Untuk itu panitia  mengundang Menteri ATR guna mendapat penjelasan yang lebih rinci. Sebab belakangan banyak muncul senketa kepemilikan tanah wakaf.

“Karena kami mempunyai banyak tanah wakaf. Baik untuk  bangunan sekolah, pesantren maupun panti asuhan. Sesuai dengan ketentuan perundangan yang baru, tanah wakaf harus memiliki sertifikat. Makanya kami ingin  mendapatkan penjelasan yang lebih rinci dari Menteri ATR,” terangnya.

Selain masalah tanah wakf juga akan dibahas perbaikan moral bangsa yang dinilai semakin merosot. Perceraian, pergaulan bebas, narkoba dan LGBT semakin mencemaskan.

“Melalui Rakernas ini mudah-mudahan  ke luar rekomendasi  yang akan disampaikan kepada pemerintah agar masalah tersebut bisa diatasi dengan cepat dan tegas. Kita sangat prihatin, bahkan ngeri melihat perkembangan moral, teruatama generasi muda yang kan merosot. Utamanya lagi masalah LGBT yang kian menggejala,” tambanya lagi.

Sementara dalam menyikapi perkembangan ormas-ormas keagamaan agar bisa lebih maju, akan tampil Anies Baswedan. Anies yang juga gubernur DKI ini  akan membawakan materi “Menciptakan Organisasi yang Kolaboratif dan Bersinergi”.

Alwashliyah adalah ormas dakwah tertua dan terbesar  di Sumatera.  Lahir tahun 1930 di Medan. Dalam perjalanannya, saat ini  sudah memiliki jaringan di seluruh Tanah Air dan Luar negeri dengan ribuan lembaga pendidikan dan panti asuhan.*** (aboe/pp)