Home Disaster Uhamka Bantu Masyarakat Tanggulangi Pandemic Covid-19

Uhamka Bantu Masyarakat Tanggulangi Pandemic Covid-19

Dilakukan di Puskesmas, Perkampungan dan Lingkungan Jalanan

316
0
SHARE
Uhamka Bantu Masyarakat Tanggulangi Pandemic Covid-19

Keterangan Gambar : Aksi dosen Uhamka membantu masyarakat menanggulangi wabah Covid-19 di perkampungan, puskesmas dan lingkungan jalan. (foto estu/uhamka)

UHAMKA BantuTanggulangi Wabah Covid-19 
Dilaksanakan di Puskesmas, Perkampungan dan Lingkungan Jalanan

JAKARTA, (Parahyangan-post.com) -- Dikarenakan wabah endemik covid-19 yang membuat rakyat banyak kesulitan untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari hari. Pentupan pabrik, keterpurukan usaha kecil dan menengah dan pemutusan kontrak kerja (PHK) dibanyak tempat membuat masyarakat yang tadinya rentan miskin bergeser menjadi miskin.

Kondisi tersebut membutuhkan kerjasama semua pihak untuk ikut berpartisipasi
. Oleh karena itu kami, sebagai bagian dosen Universitas Muhammadiyah Universitas Prof DR HAMKA tergerak untuk ikut berpartisipasi membantu. 

Universitas Muhammdiyah Prof Dr.Hamka yang merupakan universitas berbasis Islam tidak cukup melaksanakan Tri Dharma saja tapi para dosen harus mewujudkan Catur Dharma. “Uhamka memiliki amanah sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah yang berbasis Islam, amanah itu bukan hanya (Tri Dharma) akan tetapi empat (Catur Dharma) yaitu Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Keadaan yang tidak menentu sekarang ini disebabkan oleh covid-19, membuat hati kami tergerak untuk mengulurkan bantuan. Tim Dosen, yang terdiri dari Estu Sinduningrum, MT sebagai ketua pengabdian masyarakat beranggotakan
Dr. Dan Mugisidi ST., Msi, dan Atiqah Meutia Hilda, M.Kom berusaha memberikan bantuan secara sukarela memberikan donasi untuk membantu warga dan petugas kesehatan yang membutuhkan bantuan.

Bersama beberapa mitra, seperti di puskesmas Tebet, dan Keamanan Taman O Jln SMU 99 Jakarta Timur, serta catering nasi bok Dewi Bbukit Cengkeh berbunga Kota Depok. Kami diminta untuk memberikan informasi serta memberikan tenaganya dalam menjalankan aksi kemanusiannya.

Sebagai umat muslim kita mengetahui bahwa sedekah memiliki dampak positif bagi yang sedekah, yaitu dalam hal menjaganya dari keburukan dan musibah (hal buruk yang tidak disukai).

Abu Umamah meriwayatkan bahwa, Rasululloh bersabda, “Siapa yang berbuat kebaikan maka akan dapat mencegah kejadian buruk, bersedekahlah secara rahasia dapat mencegah murka Tuhan, dan silaturahim dapat memperpanjang usia. (HR. Thabrani).

Berkata Ibnu Abi Ja’d, “ Tujuh puluh pintu keburukan dapat ditolak dengan cara bersedekah”. Pengaruh positif dari sedekah termasuk di antara adalah menjaga hamba dari mati dalam keadaan yang buruk (su’ul khatimah).

Anas bin Malik meriwayatkan bahwa, Rasululloh bersabda: Bersedekahlah sesungguhnya dengan bersedekah dapat meredam murka Tuhan, dan su’ul khatimah yaitu menolak mati dalam keadaan buruk. (*)

Oleh : Estu Sinduningrum, M.T, Penulis,Sebagai ketua pelaksana pengabdian masyarakat selama bulan puasa Ramadhan akan berusaha terus membantu dalam aksi kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan, dan sangat berharap semoga setelah Ramadhan wabah endemik covid-19 akan segera berlalu.