Home Opini Tips Mencegah Stres Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid 19

Tips Mencegah Stres Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid 19

Oleh: Siti Choirunnisah

193
0
SHARE
Tips Mencegah Stres Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid 19

Keterangan Gambar : Siti Choirunnisah

Tips Mencegah Stres Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid 19

Oleh: Siti Choirunnisah

Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Tidak ada yang membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Secara sosiologis, pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan sosial yang tidak direncanakan. Perubahan tersebut tentu juga berdampak luas di berbagai sektor. Salah satunya ekonomi, kegiatan sehari-hari, dan aspek kehidupan pelajar.

Selama masa pandemi masyarakat diharuskan untuk tinggal di rumah, hal ini akan mengubah rutinitas setiap orang, tentunya para pelajar dan orang tua dirumah. Orang tua dituntut untuk mendampingi anaknya melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah.[1] Maka tidak heran jika banyaknya orangtua mengalami stres lantaran harus bekerja sambil mendampingi anak belajar di rumah.

Lalu bagaimana tips mencegah stres saat mendampingi anak belajar di rumah selama pandemi covid-19?

  1. Mengatur Jadwal dengan Baik

Orang tua dan anak perlu membuat kesepakatan bersama dalam menentukan jadwal harian. Hal ini dilakukan agar rutinitas sehari-hari orang tua dan anak berjalan secara teratur dan efektif sehingga akan tahu kapan waktu untuk sarapan, belajar, istirahat dan bermain.

  1. Mengelola Informasi dengan Baik

Banyaknya jenis berita bermunculan di media sosial dapat menimbulkan kecemasan yang berlebihan pada anak jika tidak dikelola dengan baik. Anda perlu mengarahkan kepada anak untuk membatasi semua informasi yang berpotensi dapat menyebabkan kecemasan atau kepanikan. Cara seperti ini, dapat mencegah stres baik orang tua maupun anak saat melakukan social distancing.

  1. Mengenali Kepribadian Anak

Mengenal kepribadian anak menjadi strategi untuk menciptakan pola komunikasi yang baik dan efektif. Orangt tua dapat mengenali dan menyesuaikan sistem pengajaran sesuai dengan karakteristik anak, karena setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

  1. Menanyakan Cara Belajar yang di Gemari

Selanjutnya anda perlu menanyakan kepada sang buah hati tentang cara belajar yang paling di gemari. Belajar dengan metode yang digemari tentunya anak akan lebih bahagia  dan betah ketika melakukan proses belajar jarak jauh.

  1. Mengatur Emosi

Diperlukannya mengatur emosi agar tidak terjadi permasalahan dalam mendampingi anak belajar dirumah. Sehingga si anak pun merasa senang dan lebih nyaman belajar dirumah.

  1. Berperan Menjadi Guru yang Menyenangkan di Rumah

Ketika menjadi guru dirumah, orang tua perlu menciptakan suasana yang menyenangkan.  Seperti meluangkan waktu sebentar untuk bermain, berolahraga, serta makan yang dilakukan secara bersama-sama.

  1. Olahraga Teratur dan Istirahat yang Cukup

Aktivitas olahraga  juga berperan penting untuk menyegarkan pikiran. Anda akan merasa jauh lebih tenang ketika mendampingi anak saat belajar di rumah. Selain itu, pastikan keluarga Anda memiliki waktu yang cukup untuk istirahat, karena istirahat dapat menjaga kebugaran fisik serta memengaruhi mental, emosional, dan spiritual.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah stres dampingi anak belajar dirumah selama pandemi covid 19. Pada masa pandemi seperti ini peran orang tua sangat penting. Terutama memberi perhatian pada kegiatan belajar dirumah, akan membuat anak lebih semangat dalam belajar. Sehingga prestasi belajar yang diraih oleh siswa menjadi lebih baik.***

 

[1] Mulyasa  Manajemen  Pendidikan Karakter (Jakarta: Bumi Aksara, 2012) hlm.166