Home Nusantara Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi Warga Jatinegara Bercocok Tanam

Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi Warga Jatinegara Bercocok Tanam

#KetahananPangan #BankSampah

241
0
SHARE
Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi Warga Jatinegara Bercocok Tanam

JAKARTA (Parahyanganpost.com) -- Penghijauan dilingkungan RW 012 dilakukan untuk mencegah kekwatiran warga hadapi pandemi COVID-19. Irianto SE selaku pengurus lingkungan mengatakan, terapi positif melalui cara bercocok tanam sebagai terapi positif terhadap warga sekitar. 

" Dimasa pandemi Covid-19 menginjak bulan keenam, warga RW 012 mendapat terapi positif untuk tidak terlalu risau dan khawatir akan corona (disease)," ujar Ketua RW 012 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur, Sabtu (12/9/2020). 

Kegiatan penghijauan dilingkungan setempat menurut dia tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. Masih dalam penjelasannya, dengan membangkitkan semangat warga dikala kondisi seperti ini,  Irianto meyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh warganya. 

" Bukan berarti mengabaikan himbauan pemerintah untuk melaksanakan PSBB, tapi justru kami mencegah terjangkit dari Corona yang sewaktu bisa saja terjadi dengan cara membangun imun menggembirakan hati dengan melakukan kegiatan positif," ungkapnya. 

Program gerakan menanam pohon rencananya akan dilaksanakan ditiap sudut pemukiman warga. Selain penghijauan, pengurus RW 012 juga akan melaksanakan pengelolaan sampah warga. 

Program tersebut menurut Irianto akan terus dikerjakan dan diberi penilaian terhadap pengurus rukun tetangga (RT) masing-masing. Keindahan serta kebersihan lingkungan menjadi prioritas utama yang diharapkan oleh RW 012 ditengah pandemi.

 " Kami warga RW 012 mencanangkan gerakan menanam pohon menjadikan gang- gang yang ada dilingkungan menjadi hijau dengan tanaman. Yang nantinya kita akan padukan dengan pengelolaan sampah secara berkala. Ini akan terus kita kembangkan, bahkan untuk memberikan suport kepada warga. Kami akan memberikan penilaian bagi RT yang terbaik sepanjang satu tahun penilaian," papar dia lagi.

Gerakan Menanam Pohon di Respon Positif

Irianto selaku Ketua RW 012 mengklaim, dilingkungannya telah memiliki bank sampah dengan julukan 'Kampung Hijau Seribu Tangkai'. Lanjutnya, dia berharap RW 012 menjadi kampung bersih, indah, asri, sehat, aman dan agamis (Kampung Biasa Plus). 

Hal itu diutarakan dia tak lepas dari berbagai peran tokoh masyarakat diantaranya, pengurus RT, LMK, Karang Taruna, Sanggar Kreatifitas Pemuda Mandiri, PKK dan Kader Dasawisma dilingkungan Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. 

Irianto kembali menyampaikan, kesibukan baru ditengah-tengah pandemi direspon positif oleh para warga. Pasalnya, selama ditentukan status PSBB oleh pemerintah daerah provinsi DKI Jakarta warga menyibukkan diri menyiram tanaman dihalaman rumah mereka masing-masing.

" Alhamdulillah upaya ini memdapat respon positif dari dinas terkait dan selain memberikan dampak positif kepada warga secara khusus tentunya. Kegiatan ini juga ikut menciptakan iklim yang baik, lingkungan yang bersih dan mengurangi volume sampah yang ada di lingkungan RT, RW 012," urainya.

(didi/pp)