Home Nusantara Tanggulangi Banjir Sudin SDA Jaktim Kerahkan Alat Berat

Tanggulangi Banjir Sudin SDA Jaktim Kerahkan Alat Berat

90
0
SHARE
Tanggulangi Banjir Sudin SDA Jaktim Kerahkan Alat Berat

Keterangan Gambar : Pengerukan waduk wirajasa untuk penanganan banjir

JAKARTA (Parahyanganpost.com) -- Tangani bencana banjir di Jakarta Timur Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Kasudin SDA) kerahkan pasukan biru dan alat berat. Santo mengatakan di Jakarta Timur sendiri telah melakukan pengerukan di 10 kecamatan dapat berpotensi banjir. 

" Kita mengerahkan pasukan biru di 10 Kecamatan, tiap hari tetap melaksanakan pengerukan. Terus yang kedua kita mengoptimalkan pompa-pompa air stasioner ," ujar Kasudin SDA Jaktim, Senin (25/1/2021). 

Kasudin SDA Jaktim menambahkan selain pengerukan lumpur dan material bebatuan tim biru juga telah membuat sodetan diberbagai tempat. Pembangunan pintu air tak lepas didirikan oleh petugas SDA dengan tujuan mencegah ketinggian air. 

Menurut Santo, sodetan dikerjakan mulai dari waduk yang berada Kampung Rambutan, Cimanggis serta Cipayung Jakarta Timur. Kemudian, disepanjang saluran penghubung atau PHB tim SDA mengerahkan sejumlah alat berat maupun manual demi kelancaran saluran air. 

" Dilakukan contohnya pengerukan, jadi kita hal yang dilakukan oleh pasukan biru. Dan ada juga kita yang menggunakan alat berat. Itu ada disaluran PHB dimensinya di atas 4 meter. Kita lakukan pengerukan dengan alat berat seperti kayak yang kita lakukan di Pulogadung yang di IKIP masih berjalan," jelas Kasudin SDA Jaktim. 

Sudin SDA menargetkan pada tahun 2021 ini pengerjaan sejumlah waduk di Jakarta Timur akan segera dirampungkan. Kata Santo selain pengerukan endapan, saluran air lainnya diperbatasan Jakarta Timur dengan kali Sunter Jakarta Utara terus digenjot tim biru. 

" Termasuk yang di Kampung Pulo itu juga sudah kita laksanakan dengan alat berat. Dan juga di Cipinang Melayu itu juga sama sudah kita lakukan pengerukan termasuk juga yang didekat BKT dekat Sekolah Penabur kita lakukan pengerukan juga disana kita pakai 3 alat berat semua," ungkapnya. 

Namun demikian, SDA menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke sepanjang aliran air. Kolaborasi masyarakat diharapkan oleh Santo tak lain untuk mencegah banjir di Jakarta.

(didi/pp)