Home Ekbis Sumber Pemborosan Perusahaan di Bidang HRD

Sumber Pemborosan Perusahaan di Bidang HRD

349
0
SHARE
Sumber Pemborosan Perusahaan di Bidang HRD

Keterangan Gambar : Sumber foto: Talenta CEO Power breakfast

Perusahaan memerlukan sumber daya manusia sebagai penggerak dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Sumber daya manusia ini harus dialokasikan secara tepat agar bisa meningkatkan produktivitas perusahaan secara maksimal. Dari sinilah muncul bagian atau divisi Human Resource atau HR yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugas tersebut. Orang-orang yang bekerja di divisi HR sangat dibutuhkan untuk bisa mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan.

Dalam menjalankan tugas tersebut, divisi HR tentu membutuhkan dana perusahaan. Tidak jarang hal ini dapat menyebabkan pengeluaran perusahaan menjadi membengkak. Beberapa perusahaan mengaku pernah mengalami kejadian seperti ini, yaitu terjadi pembengkakan biaya pengeluaran di divisi HR. Ada yang menyebutnya dengan kebocoran pengeluaran hingga menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Jika perusahaan Anda mengalami kasus seperti ini, bisa jadi disebabkan karena hal-hal ini : 

Terlalu Fokus pada Hal Administratif Karyawan 

Salah satu tugas HR yang dikenal penting adalah people development sehingga cukup menyita pikiran dan tenaga pada bagian HRD. Yang tidak kalah menyita waktu bagian HRD adalah mengurusi administrasi karyawan. Mengelola administrasi memang bukanlah pekerjaan yang sulit dilakukan tetapi cukup menyita banyak waktu sehingga dapat menyebabkan tugas HRD menjadi tidak efektif dan efisien terhadap waktu yang ada. Kondisi ini menyebabkan tugas HR lainnya menjadi terbengkalai, seperti training karyawan, building team, membuat strategi rekrutmen, dan masih banyak lagi. Kesibukan yang kurang efisien semacam ini termasuk contoh pemborosan yang sering tidak terlihat. 

Pemborosan Inventaris Perusahaan 

Penyimpanan dokumen serta arsip-arsip karyawan di departemen SDM dalam bentuk tumpukan kertas sesungguhnya mengurangi efisiensi inventaris perusahaan. Coba saja hitung berapa kertas yang dihabiskan untuk membuat dokumen-dokumen cetak, berapa map yang dibutuhkan untuk menyimpannya, dan berapa biaya sewa kantor yang dikeluarkan hanya untuk menyimpan tumpukan arsip tersebut. Di sisi lain, berapa banyak waktu yang dibutuhkan hanya untuk mencari kontrak kerja bersama yang terselip di tumpukan arsip? Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan inventaris yang efisien dapat menghemat biaya operasional perusahaan. 

Kurang Efektif dalam Mengelola Waktu Kerja 

“Kebocoran” yang paling sering terjadi di perusahaan adalah pemborosan waktu sebagai akibat dari kurang efektif dalam mengelola jam kerja harian. Solusinya adalah memberikan pencatatan timesheet atau jadwal kerja karyawan  sehingga terjadi efisiensi waktu yang tepat untuk mengurangi pemborosan waktu yangs sia-sia. 

Kurang Optimal dalam Menyalurkan Bakat Karyawan 

Salah satu tugas bagian HR adalah untuk mengoptimalkan bakat-bakat karyawan yang ada di dalam perusahaan. Jangan sampai ada karyawan yang berbakat dan berpotensi tinggi malah menganggur dan bakatnya tidak tersalurkan. Perusahaan tentu banyak mengalami kerugian karena tidak bisa menyalurkan potensi tersebut pada operasional perusahaan. Solusinya adalah menganalisa bakat dan potensi karyawan, kemudian menyalurkannya sesuai dengan tujuan perusahaan. Perusahaan dapat memberikan training atau pelatihan untuk memaksimalkan potensi tersebut. Tidak jarang, training tersebut justru dapat melihat lebih jelas potensi yang terpendam yang dimiliki oleh karyawan Anda. Jangan ragu untuk menjadwalkan pelatihan secara rutin dan terstruktur kepada karyawan Anda dengan tujuan untuk memajukan perusahaan. 

Untuk mengurangi semua masalah yang berkaitan dengan sumber pemborosan perusahaan di bidang HRD, Anda dapat mencoba menggunakan software HR. Dengan adanya software tersebut dapat membantu administrasi karyawan menjadi lebih efektif. Dokumen-dokumen dan arsip perusahaan tidak perlu lagi disimpan dalam bentuk lembaran kertas karena semua sudah tersusun rapi di dalam sistem. Talenta adalah salah satu software HR terpercaya di Indonesia. Anda dapat menggunakan Talenta sebagai solusi untuk mengurangi permasalahan pada pembengkakan biaya perusahaan. Mari bergabung bersama ribuan pengguna Talenta lainnya.

(ratman/pp)