Home Seni Budaya Some Island: Gelombang Baru Invasi Jogja

Some Island: Gelombang Baru Invasi Jogja

#Musik

98
0
SHARE
Some Island: Gelombang Baru Invasi Jogja

JOGJA (Parahyanganpost.com) -- Awal tahun 2000an, beberapa band Jogja menunjukan taringnya di kancah musik nasional. Seakan mengikuti jejak Sheila On7, Jikustik, Shaggydog, Endank Soekamti, Seventeen, The Rain dan sederet nama lainnya.

Tak bisa dipungkiri, peranan radio menjadi penting dalam mendongkrak sederet nama grup musik di atas. Invasi band – band Jogja ke pentas musik nasional mencapai puncaknya pada periode 2003 hingga 2004. Seiring waktu, invasi band – band Jogja ini mulai menurun. Hingga pada akhir 2019 lalu digelar sebuah acara bertajuk "Golden Wish: Brokenheart Radio Club" di sebuah klub di Jogja.

Acara ini bukan sekadar memorabilia hitsmaker lawas Yogya, namun juga menjadi pertemuan para pelaku industri musik di kota budaya tersebut. Di acara tersebut kembali tampil New Days dan Sophie, dua nama yang sudah tidak aktif, namun pernah punya reputasi sebagai penyambung aspirasi muda-mudi dalam problem abadi: patah hati. Di momen "Golden Wish: Brokenheart Radio Club" itulah terbentuk band bernama Some Island.

Band ini awalnya merupakan proyek kolaborasi untuk acara tersebut. Some Island yang digawangi oleh; Agung Prasetyo (vokal), Ardha ‘Buzzbandits’ (bass), Ancal (gitar), Gilang (gitar), Tebo (keyboard), Finnohidayat (drum) ini mengusung konsep band bergenre pop romantis klasik dengan nuasa 2000an.

Tidak berakhir di acara tersebut, seiring waktu, untuk mengisi kekosongan waktu di kala pandemi berlangsung, Some Island pun memutuskan untuk membuat karya sendiri. Alhasil band ini pun didukung oleh sejumlah pelaku musik di Jogja, di antaranya; Tomo Widayat (additional gitar Sheila On 7), Tutoet, dan Ari Hamzah (drummer Fun As Thirty).

Ketiga nama tersebut berperan penuh dalam kurasi lagu-lagu yang akan dirilis oleh Some Island. Sebagai pengenalan pertama, Some Island merilis single berjudul ‘Bantu Aku’.

Lagu yang bertemakan masalah percintaan dan patah hati ini pun digarap video musiknya oleh Bagustikus. Single ‘Bantu Aku’ ini dikerjakan di dua studio di Jogja, yakni Neverland dan Taman Tutoet.

Tidak sampai di situ, karya selanjutnya dari Some Island juga akan menyusul. Single selanjutnya merupakan kisah yang masih berkorelasi dengan lagu ‘Bantu Aku’. Semoga dengan kehadiran Some Island, nama musisi Jogja kembali menjadi perbincangan sebagaimana Jogja Invasion yang pernah menguasai tangga lagu musik nasional. 

(rls/pp)