Home Nusantara Sodetan di Jatinegara Keberhasilan Gubernur Antisipasi Banjir

Sodetan di Jatinegara Keberhasilan Gubernur Antisipasi Banjir

74
0
SHARE
Sodetan di Jatinegara Keberhasilan Gubernur Antisipasi Banjir

JAKARTA (Parahyanganpost.com) -- Kelurahan Jatinegara menyatakan zero banjir dimusim penghujan. Penanganan banjir diutarakan Slamet Sihabudin tak lepas dari peran serta masyarakat dan sejumlah pengurus lingkungan. 

Ketika hujan berlangsung genangan air disebutkan Lurah Jatinegara cukup terkendali dalam waktu singkat. Sodetan yang baru saja dibangun di RW 06 tak lain merupakan usulan warga dan kini telah terealisasi. 

" Gubernur kita berhasil, kedepan kita masih waspada dan siaga antisipasi banjir. Mengantisipasi banjir dan apresiasi kepada pemerintah yang telah mengakomodir terhadap usulan-usulan warga tentang penanganan banjir yang berada di wilayah Jatinegara ini," jelas Slamet, Rabu (24/2/2021). 

Namun demikian, masyarakat untuk senantiasa diharapkan menjaga kebersihan dan tidak mendirikan bangunan diatas permukaan air. Kepedulian terhadap lingkungan dinilai dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran air. 

Pengerukan sedimen lumpur diberbagai tempat di Jatinegara juga mengerahkan personil PPSU. Langkah antisipasi banjir ini dimaksudkan untuk mempersingkat jalannya air terutama di RW 02 dan RW 03 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. 

" Saya dari Kelurahan Jatinegara sangat mengharapkan warga Kelurahan Jatinegara terkait dengan antisipasi banjir ini harus menjaga, harus bersinergi pada pengurus maupun semuanya. Antisipasi banjir karena harus peduli terhadap lingkungan terutama pembuangan sampah," ungkapnya. 

Slamet melanjutkan, jadwal piket telah ditentukan untuk memantau perkembangan lingkungan di tengah musim hujan. Bahkan, anggota PPSU bersama tim Kelurahan Jatinegara harus membuat laporan sampai pergantian hari. 

" Jadi saya sudah membuat jadwal piket untuk anggota maupun PPSU upaya antisipasi. Dan pelaporannya pun jam 07.00, jam 12.00 dan 18.00 dan jam 12 malam," kata Lurah Jatinegara.

(didi/pp)