Home Edukasi SOCIAL WORKER 2023: BERBAGI KEBAHAGIAAN UNTUK SESAMA

SOCIAL WORKER 2023: BERBAGI KEBAHAGIAAN UNTUK SESAMA

600
0
SHARE
SOCIAL WORKER 2023: BERBAGI KEBAHAGIAAN UNTUK SESAMA

YOGYAKARTA - www.parahyangan-post.com - Manusia ditakdirkan Allah SWT sebagai makhluk sosial yang membutuhkan keberadaan manusia lainnya untuk melakukan hubungan kemanusiaan dan interaksi sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan bantuan dan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan material maupun spiritual. 

Untuk membekali peserta didik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab tidak cukup hanya diberikan pembelajaran di dalam kelas, akan tetapi perlu pembelajaran langsung di masyarakat. Dalam rangka pembelajaran langsung di masyarakat maka peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta diterjunkan langsung di masyarakat dalam kegiatan sosial yang disebut dengan social worker. 

Menurut Ahmad Afandi, S.Th.I selaku wakil kepala urusan kesiswaan, Kegiatan social worker memiliki tujuan diantaranya:
1.    Memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan interaksi dan sosialisasi secara langsung di masyarakat.
2.    Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berorganisasi, kerja sama, rasa persaudaraan antar sesama, dan bertanggung jawab.
3.    Memberikan pengalaman yang nyata tentang kehidupan bersosial, bermasyarakat, dan bernegara.
4.    Menjalin silaturahmi antar generasi, baik yang muda dengan yang lebih tua ataupun yang remaja dengan yang lebih kecil.
5.    Meningkatkan rasa simpati dan empati kepada sesama manusia sehingga untuk saling tolong menolong satu sama lain


Social worker merupakan ekstrakurikuler / kegiatan pengembangan diri yang diselenggarakan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan ini wajib diikuti peserta didik kelas XI dan dilaksanakan selama bulan Mei 2023 sesuai kesepakatan dari sekolah dan pihak tuan rumah. Sasaran kegiatan social worker Panti Asuhan dan sekolah di Amal Usaha Muhammadiyah di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 2023 ini ada 11 panti asuhan yang menjadi tujuan kegiatan ini. Pada Sabtu, 27 Mei 2023, diadakan kegiatan social worker di Panti Asuhan Muhammadiyah Banaran, Galur, Kulon Progo. Kegiatan ini dipimpin oleh wakil kepala urusan kesiswaan didampingi staf kesiswaan, dan wali kelas. 

P
elaksanaan social worker di seluruh kelas XI dapat mengumpulkan total dana lebih dari Rp 150.000.000,00. Dana ini diperoleh siswa dari dana pokok dari sekolah, iuran wajib siswa, bantuan orang tua, maupun dana sponsor yang diusahakan oleh para siswa itu sendiri. Dana ini dikelola oleh siswa kelas XI dari masing-masing kelas untuk diwujudkan dengan:
1.    Bantuan barang untuk pendidikan: pemberian printer, komputer, alat-alat tulis, buku-buku bacan, alat-alat kebersihan, dan alat-alat olah raga.
2.    Bantuan barang untuk keagamaan: pengadaan Al-Qur’an, Iqro’, dan alat-alat sholat
3.    Bantuan barang untuk kesehatan: abat-obatan, matras, sprei.
4.    Permainan dan perlombaan dengan game kreatif yang dipandu oleh siswa-siswi kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta
5.    Pustaka berbagi
6.    Pemberian motivasi di sekolah maupun panti asuhan sasaran.

Dengan diadakannya kegiatan social worker ini diharapkan mampu membuka mata dunia bahwa akan selalu ada pertolongan bagi mereka yang membutuhkan dan dapat meringankan beban saudara-saudara antar sesama manusia.  Akhirnya, banyak hal positif yang diambil diantaranya adalah tumbuhnya rasa kepedulian siswa yang diwujudkan dengan saling berbagi kebahagiaan diadakannya kegiatan yang mendatangkan manfaat. 

(yusron ardi d/pp)