Home Polkam Siapkan Pemimpin Masa Depan, AHY Luncurkan The Yudhoyono Institute

Siapkan Pemimpin Masa Depan, AHY Luncurkan The Yudhoyono Institute

1,647
0
SHARE
Siapkan Pemimpin Masa Depan, AHY Luncurkan The Yudhoyono Institute

Keterangan Gambar : Pidato AHY pada peluncuran The Yudhoyono Institute (foto: ratman/pp)

JAKARTA, Parahyangan-Post.com – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Direktur Eksekutif secara resmi meluncukan The Yudhoyono Institute (TYI).

The Yudhoyono Institute (TYI) adalah think thank, non politik praktis, dan fokus pada isu-isu strategis baik lingkup nasional, regional, maupun global, yang berpijak pada tiga pilar yaitu, liberty, prosperity, dan security. Dengan niat dan itikad baik, TYI juga hadir untuk menyiapkan kader-kader pemimpin masa depan, dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pada 100 tahun kemerdekaanya, besar harapan kita, Indonesia akan menjadi negara yang aman dan damai, adil dan sejahtera, serta maju dan mendunia.

“Dengan berdirinya The Yudhoyono Institute ini, nantinya diharapkan dapat melahirkan generasi masa depan, calon pemimpin bangsa yang berjiwa patriotik, berakhlak baik, dan unggul, yang dapat membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan niscaya dapat menjadi bangsa yang memimpin di dunia internasional di masa mendatang,”kata AHY.

Sebagimana diketahui, bahwa siangnya sebelum acara peluncuran, AHY diterima Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, untuk bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan The Yudhoyono Institute kepada Presiden.

“Saya memohon doa restu kepada Bapak Presiden, sekaligus juga ingin mendapatkan wejangan, nasihat, dan hal-hal lain yang perlu saya jadikan pedoman untuk menyukseskan Institute,”jelas AHY.

“Kita bersilaturahim mendiskusikan banyak hal, tidak hanya tentang institute saja tetapi tadi Bapak Presiden Jokowi menyampaikan kepada saya bahwa memang perkembangan dunia begitu cepat, dan anak-anak muda diharapkan bisa menjadi bagian dari upaya memajukan bangsa, merespons perubahan, cepat beradapatasi dan mudah-mudahan juga bisa membawa berbagai kemajuan,”tambahnya.

Dalam pertemuan itu, Presiden Joko Widodo juga menitipkan semangat serta harapan kepada AHY agar The Yudhoyono Institute (TYI) dapat memberikan konstribusi kepada generasi muda bangsa.

“Beliau memberikan semangat dan harapan melalui The Yudhoyono Institute, ada pemikiran-pemikiran yang baik sekaligus juga memotivasi generasi muda termasuk kader-kader pemimpin di masa mendatang, dan inilah tujuan utama dari didirikannya The Yudhoyono Institute,”terang AHY.

Peluncuran TYI berlangsung di XXI Ballroom Djakarta Theater, Kamis (10/08), dipandu Puteri Indonesia 2008 Zivanna Letisha sebagai pembawa acara, para tamu undangan diajak melihat video profile dari TYI dan hiburan lainya.

Di saat yang bersamaan, juga diluncurkan majalah Startegi, salah satu produk dari TYI. Strategi adalah majalah dua bulanan yang bersisi analisa, pemikiran-pemikiran, serta news update yang membahas seputar masalah politik, ekonomi, dan sosial di Tanah Air dan global. Dengan diluncurkanya Majalah Strategi diharapkan dapat menumbuhkan sifat kritis masyarakat terhadap negara untuk membangun bangsa. Edisi pertama Majalah Strategi ini mengambil tema Indonesia Emas 2045.

Acara ini dihadiri antara lain oleh founder The Yudhoyono Institute, Susilo Bambang Yudhoyono, patera-puteri mantan Presiden RI, duta besar dan perwakilan universitas dan akademi, serta pemimpin media massa. (ratman/pp)