Home Edukasi Sehari Menginspirasi Bersama Novelis Hebat Alvi Syahrin

Sehari Menginspirasi Bersama Novelis Hebat Alvi Syahrin

776
0
SHARE
Sehari Menginspirasi Bersama Novelis Hebat Alvi Syahrin

YOGYAKARTA [www.parahyangan-post.com] - Webinar MONACO Batch#2 merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh PR IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Webinar ini dilaksanakan sebagai upaya untuk sosialisasi kegiatan  MONACO.  MONACO merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang pada tahun 2021 ini menjadi penyelenggaran tahun ke-6. MONACO menghadirkan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa SMP dan SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Adapun pendaftaran MONACO masih dibuka secara online melalui  https://monaco.smumuhi-yog.sch.id/ hingga akhir September 2021.

Webinar ini dilaksanakan pada Sabtu, 18 September 2021 pukul 09.00-11.45 WIB. Acara diikuti sekitar 450 siswa SMP / SMA sederajat dan mahasiswa dari seluruh Indonesia melalui kanal zoom dan youtube. Adapun webinar ini dibersamai oleh Bapak Alvi Syahrin beliau merupakan penulis novel dan cerpen yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Alvi Syahrin, lahir di Ambon, 20 Januari 1992 dan saat ini menekuni profesi menulisnya di Surabaya. Bapak Drs. H Herynugroho, M.Pd selaku kepala sekolah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja keras semua pihak sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.

Dengan mengangkat tema “Accepting Imperfection” beliau berharap seluruh peserta Webinar MONACO ini untuk dapat menutupi kekurangan diri dan memaksimalkan potensi yang ada pada diri agar kita menjadi pribadi yang unggul. Berbicara tentang menulis, mengutip dari pernyataan Bapak Alm Pramoedya Ananta Toer (seorang penulis karya sastra Indonesia tahun 1950an) beliau menyatakan “Orang boleh pandai setinggi langit, namun jika ia tidak menulis, maka ia akan hilang dari kehidupan masyarakat dan dari sejarah. Menulis itu adalah bekerja untuk membangun keabadian”. “Sebuah riset jurnal Advance in Psychiatric Treatment menyatakan bahwa menulis bermanfaat untuk kesehatan mental dan  peningkatan fungsi paru-paru. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga memiliki beberapa program unggulan yang berkaitan dengan menulis” pungkas beliau.

Menurut pembicara Bapak Alvi Syahrin ada 12 cara agar kita tetap menjadi seorang penulis yang percaya diri dan selalu optimis. Salah satu kutipan yang sangat berkesan dari Buku Insecurity is My Middle Name karya Alvi Syahrin adalah “You don’t have to be beautiful. You can be aducated, and that’s still beautiful in some ways”. Menurut beliau, seorang penulis  akan menjadi golongan sebaik-baiknya manusia yang akan mendapatkan pahala jariyah. Mengapa bisa begitu? Alasannya ialah saat kita menulis topik apapun itu, baik menulis seputar Islam atau pengetahuan umum yang bermanfaat bagi orang lain, maka kita sama halnya seperti yang disebut oleh Rasulullah Saw dalam sabdanya (yang artinya): “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain.” (HR. Ahmad). Kegiatan webinar ini sangat menarik dan banyak peserta yang antusias untuk mengajukan berbagai pertanyaan ke pemateri.

(Yusron Adi/pp)