Home Disaster Sebanyak 86 Lembaga dan 950 Personil, Ikuti Apel Relawan Siaga Banjir 2019

Sebanyak 86 Lembaga dan 950 Personil, Ikuti Apel Relawan Siaga Banjir 2019

458
0
SHARE
Sebanyak 86 Lembaga dan 950 Personil, Ikuti Apel Relawan Siaga Banjir 2019

JAKARTA (Parahyangan-Post.com) – Sebanyak 86 lembaga dan 950 personil yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencaa Indonesia, mengikuti Apel Relawan Siaga Banjir 2019, Sabtu (14/12/2019) di halaman Balaikota Provinsi DKI Jakarta.

Bertindak sebagai inspektur dalam apel relawan tersebut, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provobinsi DKI Jakarta, Dr. H. Saefullah, M.Pd.

Selain itu, hadir dalam kegiatan Apel Relawan Siaga Banjir, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya, Dinas/Intansi terkait di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Perwakilan dan BNPB, Basarnas,  Perwakilan dari Kostrad, Polda Metro Jaya, Ketua Squad Penanggulangan Bencana Indonesia, Ketua/koordinator Squad PBI wilayah Prov DKI Jakarta,  Lembaga/NGO yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Saefullah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan apel ini. Semoga sinergitas kita semua bisa terus kompak. Melalui apel ini, lanjut Saefullah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan organisasi masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya penanggulangan bencana.

Potensi banjir dari wilayah hulu harus lebih kita waspadai,  untuk itu aparat di wilayah mulai dari walikota, camat, dan lurah, harus siap untuk menghadapi musim hujan, ujar Sekda Provinsi DKI Jakarta.

Disamping itu Sekda juga mengingatkan agar warga masyarakat juga lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Buang sampah pada tempat yang telah disediakan, jangan di saluran air atau di sungai, jelas Saefullah.

Sementara itu, dalam disela-sela kegiatan Apel Relawan Siaga Banjir tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Subejo juga menyampaikan, bahwa 40 persen daratan di Jakarta posisinya berada dibawah laut. Untuk itu BPBD Provinsi DKI Jakarta, lanjutnya sudah melakukan pemetaan rawan banjir, saat ini ada 82 titik rawan genangan dengan perioritas di 25 lokasi.

Dalam Apel Relawan Siaga Banjir tersebut juga dibacakan ikrar relawan yang tergabung dalam Squab Penanggulangan Bencana Indonesia, dan penyematan slayer kepada perwakilan dari relawan.

Dari pantuan tim media ini, kegiata apel relawan siaga banjir yang berlangsung di halaman Balaikota Pemrov DKI Jakarta ini dihadiri oleh berbagai lembaga/NGO yang selama ini bergerak dalam penanggulangan bencana dan kemanusiaan.

Sejak pagi, dini hari berbagai lembaga yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia nampak memenuhi halaman balaikota, mereka berdatangan dari berbagai wilayah, tidak hanya wilayah DKI Jakarta, bahkan ada yang dari luar DKI Jakarta, ada yang dari Sukabumi, Jawa Barat.

Selain itu mereka juga menggelar peralatan dan mobil pendukung yang dimiliki oleh masing-masing lembaga, sehingga dengan demikian terlihat jelas kekuatan dan potensi relawan dengan berbagai peralatan pendukungnya, telah siap untuk enghadapi banjir di musim hujan mendatang.

Antusias para relawan yang mengikuti kegiatan apel relawan siaga banjir ini juga terlihat begitu tinggi, para relawan berasal dari lintas usia, mulai dari generasi muda sampai yang berusia tua, namun usia tidaklah menjadi halangan, semangat dan dedikasi pengabdianya untuk kemanusiaan terpancar dari wajah-wajah para relawan yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia.

“Ini merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah dan komunitas relawan yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia. Urusan kebencanaan adalah urusan semua pihak, perlunya kolaborasi dan gotong royong dalam menangani kebencanaan. Tidak ada yang paling hebat dalam menangani bencana, kita harus bersatu, berkolaborasi dan bahu-membahu” pungkas Ketua Squad Penanggulangan Bencana Indonesia, Subur Rojinawi.

(ratman/pp/ws)