Home Hukrim Sebanyak 430 Orang Napi di Rutan Kelas I Cipinang Peroleh Asimilasi

Sebanyak 430 Orang Napi di Rutan Kelas I Cipinang Peroleh Asimilasi

287
0
SHARE
Sebanyak 430 Orang Napi di Rutan Kelas I Cipinang Peroleh Asimilasi

JAKARTA (Parahyangan-Post.com) -- Rumah Tahanan Klas I Cipinang, Jakarta Timur kembali melaksanakan asimilasi terhadap narapidana/warga binaan pemasyarakatan (WBP) sejumlah total 430 orang. Napi yang memperoleh program asimilasi tersebut sempat bersujud syukur setelah mendapat informasi bebas. 

Muhammad Ulin Nuha menjelaskan pada hari Senin 6 Maret 2020 tercatat 6 orang mengirup udara bebas dari rutan Cipinang Jaktim. Proses asimilasi berlangsung di rumah tahanan Cipinang dan kegiatan ditengah pandemi Covid-19 dilakukan saat jam operasional kantor.  

Dalam beberapa pekan ini, pihaknya telah membebaskan dengan jumlah keseluruhan sekitar 430 orang dan Ulin merinci secara bertahap tiap harinya dilakukan oleh dia. 

" Asimilasi rutan Cipinang Rabu : 12 orang, Kamis: 44 orang, Jum’at: 30 orang, Sabtu: 335 orang, Minggu: nihil, Senin: 9 orang. Jumlah keseluruhan 430 orang," ujar Ulin selaku Kepala Rutan Cipinang Jakarta Timur kepada Parahyangan Post.com, Senin (6/4/2020). 

Ia menambahkan, saat ini rumah tahanan Cipinang tengah menanti proses eksekusi dari instansi Kejaksaan untuk melengkapi administrasi napi yang akan dibebaskan. 

Sementara, pada bulan April 2020 ini pembebasan berlangsung pada pekan lalu. Seperti yang disampaikan sebelumnya, pembebasan narapidana tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. 10 Tahun 2020. 

" Pembebasan berdasarkan peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 10 tahun 2020," tutur dia. 

Namun demikian, Karutan juga mengatakan, dari total keseluruhan narapidana yang hendak dibebaskan pihaknya tengah menanti kebijakan dari Ditjen Pas Kemenkumham. 

" Sisanya masih menunggu dari Direktorat. Baru 12 (orang) yang hari ini kita bebaskan," tandas Ulin.

(DI/red/PP)