Home Seni Budaya Sebanyak 27.000 Seniman Dapat Bantuan Rp.1 Juta Dari Kemendikbud

Sebanyak 27.000 Seniman Dapat Bantuan Rp.1 Juta Dari Kemendikbud

OVO Dukung Pemerintah Sejahterakan Seniman

1,616
1
SHARE
Sebanyak 27.000 Seniman Dapat Bantuan Rp.1 Juta Dari Kemendikbud

Keterangan Gambar : Konferensi pers vitual via aplikasi Zoom yang diselenggarakan Kemendikbud terkait penyelenggaraan Konser Virtual KolaborArtsy OVO dan Jakarta City Philharmonic, dengan tema “ Berbagi dalam Keterbatasan”. (foto panitia)

Sebanyak 27.000 Seniman Dapat Bantuan Rp.1 Juta Dari Kemendikbud

OVO Dukung Pemerintah Sejahterakan Seniman

Jakarta, parahyangan-post.com  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan uang tunai sebesar 1 juta rupiah  kepada 27.000 seniman yang kehilangan pekerjaan karena Covid-19. Hal tersebut disampaikan Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid pada konferensi  pers Konser Virtual KolaborArtsy OVO dan Jakarta City Philharmonic, dengan tema “ Berbagi dalam Keterbatasan” di Jakarta, Kamis 21/5.

“Ini baru tahap pertama. Nanti ada tahap selanjutnya,” ujar Hilmar menjawab wartawan.

Dikatakan Hilmar, saat ini sudah masuk data  58.000 seniman yang mengajukan diri untuk memperoleh bantuan tersebut. Kebanyakan berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI.

“Penyaluran bantuannya langsung oleh Kementeria Keuangan melalui rekening masing-masing,” tambah Hilmar.

Dikatakan Hilmar, selain berupa uang tunai, bantuan juga akan disalurkan dalam bentuk program.

"Kami akan membiayai kegiatan berkesenian mereka," terangnya.

6 Lagu

Konser virtual sendiri akan berlangsung, pada Jumat tanggal 22 Mei 2020 pukul 16.00 WIB. Pemirsa dapat menikmati live streaming konser daring di Youtube.com/budayasaya, sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Penonton juga  dapat berpartisipasi secara digital untuk berdonasi dengan mengklik tautan DOKU yang tertanam di bagian deskripsi video Youtube. Pengguna dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkah yang tersedia untuk donasi di platform dan menyelesaikan pembayaran dengan OVO.

Ada 6 lagu yang akan ditampilkan dalam konser virtual tersebut, yaitu Indonesia Raya, Varia Ibukota, Sio Mama, akan dibawakan oleh Melly Goeslaw, Wanita, akan dibawakan oleh Maruli Tampubolon, Can-can dari Opera “Orpheus in Underworld” dan  Jatuh Cinta oleh Tohpati.

Inovasi

Sementara itu Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra mengatakan sebagai platform pembayaran digital terdepan di Indonesia, OVO terus berinovasi untuk membangun semangat berbagi. Membantu pemerintah dan mereka yang sangat terdampak pandemi COVID-19.

“Kampanye ini dilakukan OVO untuk mendukung industri seni budaya di Indonesia. Khususnya seniman tradisional, yang menjadi salah satu segmen pekerja informal paling terdampak dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi COVID-19,” tutur Karaniya.

Sedangkan  Dewan Komisaris Jakarta City Philharmonic Anto Hoed, mengatakan platform teknologi memungkinkan seniman dapat terus bekerja, berkarya, dan menyebarkan keindahan musik ke seluruh Indonesia serta dapat membagikan harapan baru kepada para seniman.

“Kami berharap proyek ini dapat membagikan harapan baru, terutama bagi seniman tradisional yang terkena dampak COVID-19. Kami dibantu oleh musisi-musisi seperti Maruli Tampubolon, Melly Goeslaw, dan Tohpati untuk membangun semangat berbagi dan menggalang dukungan nasional demi keberlangsungan pekerja seni tradisional di industri seni budaya Indonesia,” tuturnya.*** (lengkong/PP)