Home Ekbis Sate Kambing Betawi Bang Jejeng

Sate Kambing Betawi Bang Jejeng

Dari Asa Lampaui Masa

160
0
SHARE
Sate Kambing Betawi Bang Jejeng

Keterangan Gambar : Sate Kambing Betawi Bang Jejeng di Pinggiran Jl. Kebayoran Lama (dekat SMPN 48). foto Rido

Sate Kambing Betawi Bang Jejeng

Dari Asa Lampaui Masa.

Jakarta, parahyangan-post.com-Saya itu jualan dari masih gelap. Kata-kata tersebut  diungkapkan langsung Bang H. Jejeng, penjual sate kambing Betawi ketika ditemui parahyangan-post.com, tepat di pinggir Jalan Kebayoran Lama Raya, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Bang H. Jejeng atau nama aslinya Bang Zaelani adalah generasi ketiga penerus usaha Sate kambing Betawi yang dimilikinya saat ini. Bersama pembantu setianya, usahanya buka mulai dari jam 16:30 hingga pukul 22:00 WIB.

"Awalnya dulu buyut, panggilannya Dul, turun ke anaknya, baba saya, Kodir. Baru ke saya sendiri ampe sekarang," ungkapnya lagi yang kini telah memiliki tiga orang anak dan tiga cucu.

Bang Jejeng sejak kecil telah ikut berjualan dengan ayahnya. Namun baru pada tahun 1991, secara penuh dirinya mewarisi usaha sepeninggal ayahnya. Selain sate kambing tersedia juga sop kambing dan gorengan kambing.

"Ciri khas sate kambing Betawi ini di bumbu kacangnya. Orang Betawi itu lebih demen bumbu kacang daripada bumbu kecap. Dan Resep ini juga gak berubah dari dulu," sambung laki-laki yang kini berusia 57 tahun.

Selain itu, ciri khas lainnya adalah penggunaan emping yang dimasukkan dalam kuah sopnya. Harga satu porsinya pun cukup terjangkau, hanya 20 ribu rupiah sudah bisa menikmati lengkap dengan nasi putih dan teh hangat.

Jika pembaca sedang berada di sekitar daerah Kebayoran Lama, jangan lupa untuk menyempatkan mampir di warung sate kambing Betawi yang melegenda ini. Patokannya persis di seberang gedung SMPN 48 Kebayoran Lama. Dijamin nikmat dan bikin balik lagi.***(Rido)