Home Nusantara SANTRI PONPES LANSIA BAYARNYA PAKAI TASBIH

SANTRI PONPES LANSIA BAYARNYA PAKAI TASBIH

39
0
SHARE
SANTRI PONPES LANSIA  BAYARNYA PAKAI TASBIH

GEDONG, SEMARANG (Parahyanganpost.com) -- Pondok Pesantren (Ponpes) Kasepuhan Raden Rahmat Banyubiru, Kabupaten Semarang bersama Komunitas Daur Ulang Indonesia resmi menjalankan Program Tabungan Sampah Bersih (Tasbih), untuk santri lanjut usia (lansia) binaan ponpes tersebut, Minggu (15/11). Hasil dari program ini, seluruhnya bakal digunakan untuk memenuhi kebutuhan santri lansia itu sendiri.

Pendiri dan Pengasuh Ponpes Lansia Raden Rahmat, Winarno mengatakan, bahwa hasil dari sampah yang disetorkan akan digunakan untuk membayar uang SPP sekolah lansia, membeli sembako, pemeriksaan kesehatan, baju, hingga topi wisuda sekolah lansia.

“Hasil daur ulang sampah ini bernilai produktif, berguna bagi santri lansia bahkan dapat memenuhi kebutuhan mereka,” katanya.

Pemateri dan penggiat Mitra Kebajikan Nusantara, Roro Sundari menambahkan, tahapan dalam program ini meliputi, pertama santri lansia melakukan pengumpulan sampah, kemudian memilah sampah. Sampah yang terkumpul akan dihitung dan dikonversi dengan rupiah sebelum ditabung oleh santri lansia.


“Semua sampah yang terkumpul dihitung dan dikonversi menjadi nilai rupiah,” imbuhnya.

Melalui beberapa materi daur ulang sampah yang diberikan Mitra Kebajikan Nusantara, Winarno optimistis, bisa membantu para lansia dalam menambah aktifitas kesehariannya.

Winarno menambahkan, Pemilihan nama Tasbih ini adalah untuk tadabur / merenungi makna kehidupan, agar kita senantiasa bertasbih kepada Allah Tuhan semesta alam, memuji namaNya, keagunganNya, ditanganNya jiwa para solih dan pendosa berada. Walaupun awalnya sampah, jiwa penuh dosa ketika senantiasa bertasbih akan menjadi jiwa yang bersih dan penuh kebajikan,  Insha Allah Husnul Khotimah diujung hayatnya.

“Selain aktivitas reguler, ada juga aktifitas mendaur ulang sampah ini. Tujuannya agar para lansia tetap terjaga daya ingatnya melalui kebiasaan baru yang tentu mengasah kepedulian terhadap lingkungannya, mentadaburi alam, inilah cara ndalil agar hidup kita ndalan” tutur Winarno.

Bagi para dermawan yang ingin berdonasi untuk Pembangunan Masjid www.pesantrenlansia.com klik https://wasap.at/Sb9YMm 

(win/pp)