Home Disaster Salurkan Bantuan dengan Helikopter

Salurkan Bantuan dengan Helikopter

Gerak Cepat DPD PENA 45 JABAR DAN DPC Bekasi Raya dalam Penanganan Bencana

211
0
SHARE
Salurkan Bantuan dengan Helikopter

Keterangan Gambar : Ketua PENA 45 JABAR Ibu Aini Kartaatmaja (baju merah biru) dan Pengurus DPD PENA 45 JABAR Ibu Elly (baju merah), foto bersama kru helikopter sebelum terbang menuju lokasi bencana, Minggu 12/1 (foto aboe)

Salurkan Bantuan dengan Helikopter

Bogor, parahyangan-post.com-Tidak tanggung-tanggung, penyaluran bantuan oleh DPD PENA 45 JABAR yang dibantu oleh DPC Bekasi Raya, dan juga DPC Bogor meyalurkan bantuan melalui helikopter. Bantuan melalui helikopter tersebut berlangsung pada hari Minggu 12 Januari 2020.

Rombongan bergerak dari sekretariat DPD PENA 45 JABAR di kawasan ruko Galaxy, kota Bekasi jam 08.00 wib dengan mengendarai 3 mobil. Kendaraan pertama berupa mobil box yang berisi bantuan berupa obat-obatan, sumbangan obat-obatan sumbangan donatur dan dari Tempo Scan Pacific, air mineral 212, beras, susu untuk anak-anak  Vidorant Xsmart dan pakaian bekas. Mobil kedua milik ketua DPD PENA 45  Ibu Aini Kartaatmaja dan yang ketiga mobil anggota.

Rombongan sampai di Lanud Atang Sanjaya, Semplak Bogor sekitar jam 10.00 wib, disambut langsung oleh Danlanud Atang Sanjaya Marsekal Pertama (Marsma) Eding Sungkana. Semua bantuan ditimbang, termasuk juga orang yang akan naik. Berat bantuan yang boleh dibawa disesuikan dengan kemampuan helikopter, yakni sekitar 1,5 ton.

Setelah ditimbang bantuan dinaikkan ke atas helikopter jenis Caracal, buatan Airbus (Prancis) yang kelihatannya masih baru, dipiloti oleh Kapten Arif. Dalam masa tangggap darurat bencana ini Kapten Arif hampir setiap hari meyalurkan bantuan dengan pesawat yang sama.

“Dalam sehari ada dua kali penerbangan menuju lokasi bencana yang belum bisa dijangkau oleh kendaraan roda empat, bahkan ada juga yang belum bisa dilalui kendaraan roda dua. Satu-satunya cara yang paling efisien adalah dengan helikopter ini,” tutur Arif kepada tabloid Alinea Baru.

Menurut Kapten Arif jenis pesawat yang mengangkut bantuan DPD PENA 45 JABAR adalah  EC – 725 yang kapasitas angkutnya mencapai 2.200 kg.  Keseharian pesawat ini dioperasikan oleh skuadron 8 Atang Sanjaya.

“Untuk kapasitas angkutnya kita menyesuaikan dengan daerah sasaran. Di sana ketinggiannya berapa, jaraknya berapa sehingga kita mengrace berapa yang bisa kita bawa. Jadi tidak bisa kita tentukan maksimalnya berapa. Kita perhitungkan semuanya,” tuturnya lagi.

Sementara itu pimpinan rombongan, yang juga ketua DPD PENA 45 JABAR Ibu Aini Kartaatmaja mengatakan sumbangan untuk korban bencana di desa Cigudeg, kelurahan Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor ini, bukanlah yang pertama diberikan oleh organisasinya.

“Sebelumnya kita sudah salurkan ke beberapa tempat terdampak yang cukup parah di sekitar Bekasi. Diantaranya ke  Jalan Patuha (Bekasi Selatan), Irigasi, Kartini, Perumahan Duren Jaya, Bhuni Bhakti, Taruma Jaya, Perumahan Century 2, Perumnas 1, Kampung Benda dan Pondok Mitra Lestari (PML). Semuanya berada di Bekasi. Dan setelah ini kita juga akan salurkan ke tempat lain yang masih membutuhkan, karena logistik di sekretariat kita masih banyak,” tuturnya kepada tabloid Alinea Baru di lokasi bencana.

Menurut Ibu Aini penyaluran bantuan dari DPD PENA 45 JABAR dan DPC Bekasi Raya melalui helikopter tidak terlepas dari hubungan baiknya dengan Danlanud  Atang Sanjaya.

“Danlanud Atang Sanjaya (Marsma Eding Sungkana-red) adalah adik kandung pengurus DPD PENA JABAR, Ibu Elly. Berkat hubungan baik itulah kita bisa meminta bantuan beliau untuk menyerahkan bantuan ke daerah bencana yang masih terisolir,” tambah Ibu Aini.

Usai menyerahkan bantuan, rombongan pun ditraktir makan nasi Padang dan sholat zuhur  di rumah dinas Danlanud yang lokasinya masih dalam komplek Lanud Atang Sanjaya.***