Home Siaran Pers Rich Communications Services (RCS) Diprediksi Gantikan Layanan Pesan Singkat (SMS)

Rich Communications Services (RCS) Diprediksi Gantikan Layanan Pesan Singkat (SMS)

225
0
SHARE
Rich Communications Services (RCS) Diprediksi Gantikan Layanan Pesan Singkat (SMS)
Pesan berbasis RCS menjadi momentum kuat dalam revolusi layanan pesan singkat. Apa untungnya bagi para pemain telekomunikasi? 
 

Jakarta – Teknologi layanan pesan berupa Rich Communications Services (RCS) diprediksi akan merevolusi pesan berbasis teks pada skala global. Di Jepang, layanan pesan berbasis RCS oleh operator seluler seperti DoCoMo, KDDI, dan Softbank telah terbukti sukses dengan demo kepada pelanggan sejak 2018, menurut laporan GSMA. Disebutkan bahwa layanan pesan RCS saat ini memiliki 17,5 juta pengguna aktif, angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 40 juta pada 2021.

“Pesan RCS akan menghadirkan peluang transformatif untuk perusahaan telekomunikasi,” kata Co-founder Forest Interactive Indonesia Sharon Maurenn. “Ini memberikan pengalaman olahpesan baru untuk konsumen yang dapat melebihi kemampuan yang disediakan oleh penyedia layanan pesan Over the Top. Sifat digital interaktif RCS akan membantu perusahaan telekomunikasi untuk memanfaatkan anggaran pemasaran digital untuk dibelanjakan merek dan perusahaan setiap tahun, membuka peluang pendapatan baru yang sebelumnya tidak dapat diakses oleh industri telekomunikasi."

Layanan Pesan RCS

Selain itu, pemain telco paling terkemuka dari Tiongkok, China Mobile, Telecom, dan Unicom baru-baru ini meningkatkan layanan dan inovasi mereka untuk meluncurkan RCS yang berbasis 5G. Integrasi jaringan 5G dan RCS ini akan menciptakan ekosistem olahpesan seluler baru yang membuka lebih banyak peluang bagi penyedia perangkat telekomunikasi dan telekomunikasi.

Meskipun terjadi penurunan dalam konstruksi dan pengujian karena krisis COVID-19, ketiga perusahaan tersebut berencana untuk mendirikan 500.000 BTS 5G tahun ini untuk pengembangan 5G dan aplikasi komersialnya di Tiongkok.

“RCS adalah jawaban yang dibutuhkan bisnis untuk meningkatkan pesan kepada konsumen. Ini memberikan beberapa keunggulan dibandingkan pengalaman SMS, termasuk identitas merek yang terverifikasi, kualitas gambar yang lebih baik, gambar interaktif, dan tombol tindakan cepat yang memungkinkan pengguna untuk bernavigasi secara mulus melalui pengalaman tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga,” jelas Sharon.

Karena RCS berbasis jaringan internet, pengguna sekarang dapat mengakses berbagai fitur yang disempurnakan yang memungkinkan solusi media yang lebih kaya dan pengalaman real-time yang lebih mendalam. Saluran olahpesan yang baru dan menarik secara visual sangat dinamis dengan kemampuan untuk menawarkan fungsi yang lebih menarik dan interaktif seperti percakapan langsung, berbagi file resolusi tinggi, informasi lokasi, dan umpan balik, dan bahkan membaca status last seen.

Tentang Forest Interactive

Forest Interactive adalah perusahaan penyedia platform konten yang menghasilkan pendapatan untuk operator seluler dengan mitra lebih dari dari 50 operator seluler dan 1,1 miliar pelanggan dari 33 negara. Perusahaan yang lahir tahun 2006 ini mengoperasikan platform yang dapat disesuaikan untuk Mobile Network Operators (MNO), service delivery platforms (SDP), mobile games publishing, e-voucher,? hingga mobile e-sports. Forest Interactive berkantor pusat di Malaysia. Hadir di Indonesia sejak 2012.

(ris/rat/pp)