Home Ekbis Puluhan Pedagang Jatinegara Gelar Barang Dagangan di Bazar Berkah Ramadhan

Puluhan Pedagang Jatinegara Gelar Barang Dagangan di Bazar Berkah Ramadhan

896
0
SHARE
Puluhan Pedagang Jatinegara Gelar Barang Dagangan di Bazar Berkah Ramadhan

JAKARTA - www.parahyangan-post.com - Puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menggelar barang dagangannya awal Ramadhan di Jatinegara Cakung Jakarta Timur. Bazar Berkah Ramadhan 1444H kali ini diselenggarakan oleh pegiat Proklim 1000 Tangkai di Jalan Jatinegara Indah RT007/RW012. 

Adapun tujuan kegiatan perekonomian tersebut disampaikan oleh Irianto selaku Ketua RW012 antara lain membangun silaturahmi sesama warga. Kemudian, pihaknya juga memberikan fasilitas terhadap para pedagang terutama warga sekitar. 

" Ini juga merupakan bagian dari Pilar yang ada dalam Kampung Proklim, yaitu pilar kewirausahaan. Yang mana program Kampung Proklim di harapkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi warga," ujar Irianto, Kamis (23/3/2023). 

Dengan adanya Bazar pelaku usaha agar bisa mengembangkan usaha mereka. Irianto mengatakan, sekitar 50 pelaku UMKM mengisi tempat Bazar yang telah disediakan. 

Bazar diinisiasi oleh Proklim 1000 Tangkai dan terdiri dari kader-kader PKK, Dasawisma, Karang Taruna serta melibatkan warga. Kegiatan transaksi jual beli ini direncanakan akan terus berjalan selama bulan suci ramadhan. Namun, agenda buka puasa bersama akan digelar saat penutupan Bazar. 

Acara pemberian santunan terhadap yatim dan dhuafa di RW012 diadakan sepekan terakhir di bulan puasa. Bazar berlangsung atas kerjasama sejumlah perusahaan yang ada di Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur. Antara lain, PT Pamapersada Nusantara, PT Kalimantan Prima Persada dan PT JIEP.  

" Acara Bazar ini juga rencananya akan di tutup pada minggu terakhir romadhon dengan kegiatan berbuka bersama unsur masyarakat RW012 di lanjutkan dengan santunan 100 yatim dan dhuafa," kata Irianto. 

Sementara, Joko selaku Ketua RT007  menjelaskan sejumlah pelaku usaha terdapat di lokasi Bazar merupakan warga sekitar RW012. Aneka tajil dan sejumlah barang dagangan keperluan sehari-hari oleh para pedagang khusus di bulan ramadhan. 

Bazar menurut Joko lebih pada kemandirian. Kemudian, dia menegaskan, kegiatan UMKM di lingkungan RW012 turut melibatkan sejumlah kelompok yang ada dilingkungan ini. 

" Yang terlibat sesuai yang terkait dengan Proklim 1000 Tangkai. Lebih pada ke kemandirian," jelas Ketua RT007.

(Didi/pp)