Home Nusantara Proklim di RW 012 PT PAMA Melibatkan Masyarakat Jakarta Timur

Proklim di RW 012 PT PAMA Melibatkan Masyarakat Jakarta Timur

153
0
SHARE
Proklim di RW 012 PT PAMA Melibatkan Masyarakat Jakarta Timur

JAKARTA (Parahyanganpost.com) -- Program Kampung Iklim (Proklim) di Kelurahan Jatinegara terwujud atas kerjasama PT Pamapersada Nusantara. Maidi Irvan menyampaikan program penghijauan lingkungan berhasil diterapkan di RW 012 atas kerjasama dan antusias warga sekitar. 

" Saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan sinergi yang dijalankan RW 012 untuk bersama-sama menciptakan Proklim diwilayah ini," kata Maidi selaku CSR Departement Head PT Pamapersada Nusantara, Selasa (10/11/2020). 

Ia melanjutkan, butuh komitmen dan kerja keras untuk dapat mewujudkan mimpi bersama memiliki kampung iklim yang bermanfaat bagi warga masyarakat dan lingkungan tercinta ini. Program Kampung Iklim (Proklim) adalah program berlingkup Nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain. 

" Untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ditingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah," ungkapnya. 

Menurut Maidi, pelaksanaan proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana didalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. 

" Dalam peraturan menteri tersebut juga disinggung bahwa Proklim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa," jelas dia lagi. 

Kemudian, PT Pamapersada Nusantara berharap program Kampung iklim ini akan memberikan manfaat berupa: 

1.Meningkatnya ketahanan masyarakat dalam menghadapi variabilitas iklan dan dampak perubahan iklim. 
2.Terukurnya potensi dan kontribusi pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) suatu lokasi terhadap pencapaian target penurunan emisi GRK nasional. 
3.Tersedia data kegiatan dan mitigasi perubahan iklim serta potensi pengembangannya ditingkat lokal yang menjadi bahan masukan dalam perumusan kebijakan, strategi dan program terkait dengan iklim.
4.Tersosialisasinya kesadaran dan gaya hidup rendah karbon.
5. Meningkatnya kemampuan masyarakat ditingkat lokal untuk mengadopsi teknologi rendah karbon. 

Pada kesempatan kali ini adapun bantuan yang berikan oleh PT Pamapersada Nusantara kepada masyarakat diantaranya 1 unit gerobak sampah, 100 buku tabungan bank sampah, dan 100 bibit tanaman hias untuk mendukung pelaksanaan penghijauan dan menjaga lingkungan untuk tetap bersih. 

" Kami berkeyakinan apabila kita mampu membangun sinergi yang baik disertai dengan niat untuk menjadi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat, maka program ini dapat dijalankan di RW 012 kelurahan Jatinegara dengan sebaik-baiknya," terang Maidi di Jatinegara.