Home Agama Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A Diangkat Sebagai Dirjen Bimas Islam Kemenag

Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A Diangkat Sebagai Dirjen Bimas Islam Kemenag

Menggantikan Muhammadiyah Amin

56
0
SHARE
Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A Diangkat Sebagai Dirjen Bimas Islam Kemenag

Keterangan Gambar : Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A menandatangani SK sebagai Dirjen Bimas Islam Kemenag, Senin 16/3 (foto kmg)

Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A Diangkat Sebagai Dirjen Bimas Islam Kemenag

Menggantikan Muhammadiyah Amin

Jakarta, parahyangan-post.com-Menteri Agama Fachrul Razi melantik Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama.

Pelantikan berlangsung di Operation Room, Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jl. Lapangan Banteng,  disaksikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dan Plt. Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar

Kamaruddin sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Pendidikan Islam. Ia menggantikan Muhammadiyah Amin yang diangkat sebagai Staf Ahli Menteri Agama Bidang Kelembagaan Keagamaan.

Razi mengatakan penunjukkan Kamaruddin Amin sebagai Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam dilakukan dengan mempertimbangkan pengalaman dan penguasaan bidang yang dimiliki. Ia pun meminta Kamaruddin Amin untuk fokus dan memberi perhatian ekstra pada penerangan umat.

"Saudara Kamaruddin Amin sebagai Dirjen Bimas Islam saya minta memberikan perhatian ekstra terhadap beberapa isu dan program terkait penerangan Bimbingan Masyarakat Islam,” ujar Menag, Senin (16/03).

Penerangan yang perlu disampaikan menurut Menag, antara lain terkait dengan pernikahan, semua urusan agama islam, serta pembinaan KUA dan keluarga sakinah. “Saya juga minta Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam untuk proaktif mengambil peran dalam perubahan undang-undang pengelolaan zakat dan wakaf yang saat ini sedang dalam pembahasan,” pesan Menag.

Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A. lahir di Bontang 5 Januari 1969. Dia adalah doctor dengan predikat Summa Cumlaude dalam bidang studi Islam di Rheinischen Friedrich Wilhelms Universitaet Bonn, Jerman. Aktif menulis sebagai pemakalah seminar maupun menulis bagi jurnal Nasional dan Internasional. Pernah  menjadi dosen Fakultas Adab UIN Alauddin Makasar dan  pembantu rektor (Purek) bidang kerjasama.

Kamaruddin juga pernah menjabat komisi hubungan Internasional MUI Sulawesi Selatan.. Menguasai bahasa Arab, Inggris, Jerman, dan Balanda.***