Home Agama Pesantren Lansia di Lereng Gajah Mungkur

Pesantren Lansia di Lereng Gajah Mungkur

#PesantrenLansia

82
0
SHARE
Pesantren Lansia di Lereng Gajah Mungkur

SEMARANG (Parahyanganpost.com) -- Dengan nada terbata-bata, seorang perempuan uzur mencoba mengeja deretan huruf-huruf hijaiyah di papan tulis itu. Sesekali ia mengalihkan fokus pandangannya yang samar-samar ke mulut Ustaz Ikhsan, memastikan jika bacaanya tidak salah. 

Itulah pemandangan sehari-hari di Pesantren Lansia Raden Rahmat. Selepas salat Subuh para santri lansia bertekun belajar mengaji. Ada memulai dari alif-ba-ta, ada yang sudah lumayan lancar. 

Sejak didirikan 3 tahun lalu, kini Pesantren Lansia Raden Rahmat merawat lansia mukim hingga 35 orang, non mukim 60 orang, dan badrest di rumah 160 orang. 

“Sebagian besar warga Gedong. Tapi tak sedikit juga yang berasal dari luar kota, bahkan dari luar pulau seperti Jambi, Solok, Samarinda, Balikpapan dan Sulawesi. Usia mereka rata-rata di atas 60 tahun,” terang Ustaz Winarno, pendiri Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat. 

Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat terletak di Desa Gedong Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.

“Harus diakui selama ini kita mengabaikan pendidikan agama bagi kaum lansia. Anak-anak muda di kampung setidaknya masih bisa mengakses pengajian Ustaz Abdul Somad, AA Gym dan lain-lain dari Youtube. Tapi bagaimana para lansia? Siapa yang peduli terhadap kehidupan spiritual mereka?” Kata Ustaz Winarno memberi alasan. 

Pada awal berdiri banyak yang melontarkan kata-kata sinis. “Lansia kok disuruh belajar agama, ya mana mau?” 

Namun kendala pendanaan cukup serius muncul saat pendirian Masjid Al Karimiah yang berdiri di atas tanah wakaf seluas 2.000 M, yang didesain sebagai komplek pemukiman para lansia Pesantren Raden Rahmat. Saat ini progres masjid yang direncanakan berdiri tiga lantai itu baru mencapai 30%. 

Berbagai upaya penggalangan dana terus dilakukan, baik melalui media sosial atau platform urun dana. Karena itu, Ustaz Winarno mengajak para dermawan untuk menyisihkan sebagian hartanya dalam rangka menyelesaikan pembangunan masjid Al Karimiyah ini.

AYO BANTU  PEMBANGUN MASJID  UNTUK LANSIA

Salurkan Sedekah terbaik anda  dalam bentuk  Matrial atau Donasi  Tunai melalui  bank Syariah Mandiri No.Rek 7 9999 333 72, Atas Nama Pesantren Raden Rahmat

Desa Gedong, Kec. Banyubiru Kab. Semarang Jawa Tengah 
Telp: 0812-9968-619 
Whatsapp : 0856-9329-9145
FB / IG / Twitter / You Tube : Pesantren Lansia 
www.pesantrenlansia.com 
www.travelansia.com

https://youtu.be/RDiak4dxRa4