Home Ekbis PEPES Kota Bekasi Siap Gerakan Ekonomi Masyarakat

PEPES Kota Bekasi Siap Gerakan Ekonomi Masyarakat

Menuju Kemandirian Ekonomi

451
0
SHARE
PEPES Kota Bekasi Siap Gerakan Ekonomi Masyarakat

Keterangan Gambar : Para pengurus PEPES kota Bekasi foto bersama usai pengajian di Bani Residen, Rabu 18/12. (foto nn)

Bekasi,parahyangan-post.com-Perhimpunan Penggerak Indonesia Sejahtera(PEPES)Kota Bekasi siap bekerja keras menggerakkan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

Hal tersebut disampaikan Sekjen PEPES Kota Bekasi, Ibu Maya saat bincang-bincang dengan parahyangan-post.com, usai pengajian Ibu-ibu Perguruan Al Azhar, di Bani Residen, Bekasi, Rabu, 18/12.

“Kita siap  bergerak memajukan bangsa melalui wadah yang kita bangun ini,” ujar Ibu Maya, mewakili Ketua Umum Ibu Susi yang berhalangan hadir.

Menurut Ibu Maya, ibu-ibu mempunyai potensi yang cukup  besar untuk menggerakkan perekonomian rakyat. Sehingga bangsa Indonesia bisa mandiri. Jika Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kuat, katanya, maka rakyat akan semakin sejahtera. 

“Dengan menggerakakan ekonomi mikro, secara otomatis akan meningkatkan pendapatan, sekaligus mensejahterakan keluarga masing-masing,” tambahnya.

Dikatakan Ibu Maya, Ibu-ibu sangat tahu apa yang dibutuhkan oleh keluarga, maka kalau mereka digerakkan untuk berproduksi, minimal produksi untuk kebutuhan sehar-hari, maka mereka akan mandiri. Roda ekonominya akan lancar dan tidak lagi bergantung kepada orang lain.

“Makanya kita  sangat antusias menggerakkan ibu-ibu agar mau berjuang di bidang ekonomi  menunju Indonesia yang sejahtera dan mandiri,” tambahnya.

Beberapa produk UMKM yang sudah diproduksi anggota PEPES kota Bekasi, diantaranya Monjawang (minuman kesehatan), sambel olahan, border, keripik, snack dan batik khas Bekasi.

“Kita  akan memberikan pelatihan (workshop) kepada ibu-ibu mengenai tatacara memproduksi makanan ringan (snack), seperti keripik singkong dll. Sekaligus juga mencarikan pasarnya,” tambah Ibu Maya.

PEPES berdiri sejak tahun 2018. Awalnya dibentuk untuk mendukung pasangan Prabowo-Sandi menuju RI 1. Anggotanya adalah kaum ibu (mak-mak) di seluruh Indonesia. Setelah Pilpres usai mereka bertransformasi. Melebur menjadi Indonesia jaya. Tidak ada lagi kotak-kotak 01 dan 02.

Seiring dengan transformasi tersebut, keanggotaannya pun diperluas. Bukan saja mak-mak tetapi juga ada bapak-bapaknya.

“Agar kita lebih fleksibel dan semakin kokoh,” lanjut Ibu Maya.

Selain bergerak di bidang ekonomi kerakyatan, PEPES juga bergerak di bidang sosial, pendidikan, seni serta budaya.

“PEPES ikut berpartisipasi meringankan beban korban bencana asap yang melanda Pakanbaru (Riau) beberapa waktu lalu,” tambahnya. *** (nn)