Home Edukasi Penyaluran Zakat Fitrah Berdaya Lazis SMA Muhi Dilakukan Setiap Bulan

Penyaluran Zakat Fitrah Berdaya Lazis SMA Muhi Dilakukan Setiap Bulan

258
0
SHARE
Penyaluran Zakat Fitrah Berdaya Lazis SMA Muhi Dilakukan Setiap Bulan

Keterangan Gambar : Kepala SMA Muhi Drs H. Herynugroho, M.Pd, Melakukan Kegiatan Pembagian Zakat (Foto : yusron ad/pp)

YOGYAKARTA - Parahyangan Post - Ada yang berbeda dengan penyaluran zakat fitrah di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Mulai tahun ini penyaluran dilakukan oleh Lazis SMA Muhi di setiap bulan. Kegiatan pembagian Zakat Fitrah SMA Muhi secara simbolis oleh Kepala SMA Muhi Drs H. Herynugroho, M.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan Senin, 6 Juni 2022 pukul 09.00 WIB di halaman sekolah. Lazis SMA Muhi menyerahkan paket beras seberat 5 kg / bulan kepada 23 orang penerima zakat. Adapun penerima zakat tersebut terdiri atas cleaning service, satpam, tukang kayu dan tukang taman yang mengabdi di SMA Muhi. 

Kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis oleh Kepala SMA Muhi Drs. H. Herynugroho M.Pd kepada perwakilan penerima. Menurut Abdul Qodir, M.S.I selaku wakil kepala urusan Ismuba kegiatan penyaluran zakat fitrah ini diharapkan akan memberikan kesejahteraan bagi para penerima zakat di sepanjang tahun. Ketentuan ini sesuai dengan  hasil Munas Tarjih ke-31 Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Munas tersebut menyatakan bahwa fikih zakat kontemporer disusun sebagai tuntunan yang mengarahkan umat Islam memaksimalkan potensi zakat untuk kesejahteraan sosial. Munas Tarjih ke-31 memutuskan satu perubahan mendasar terkait zakat fitrah, yakni pada aspek distribusinya yang dengan pertimbangan tertentu, zakat fitrah dapat didistribusikan oleh badan amil sepanjang tahun. 

 “Ada 3 tahapan dalam kegiatan zakat di SMA Muhi ini yaitu (1) penyetoran zakat fitrah oleh seluruh warga sekolah; (2) Perhitungan zakat fitrah; (3) Penyaluran zakat fitrah kepada yang berhak menerima zakat fitrah. Kegiatan nomor 1 dan 2 sudah dilakukan di Bulan Ramadhan lalu, sehingga saat ini tinggal pembagiannya saja” pungkas beliau. Bapak Syamsuri selaku perwakilan penerima zakat fitrah yang hadir pada acara ini mengucapkan terima kasih atas pembagian zakat fitrah. “Semoga menjadi amal kebaikan bagi keluarga besar SMA Muhi” pungkas beliau. 

Menurut kepala SMA Muhi Bapak Drs. H. Herynugroho M.Pd kegiatan pembagian zakat ini akan membersihkan jiwa orang yang berzakat dari segala perbuatan dosa dan mengangkat derajat keimanan seseorang sekaligus membantu sesama saudara yang membutuhkan. Karena berzakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi sebagai seorang muslim. Kegiatan ini juga sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang diberikan Allah SWT untuk SMA Muhi sekaligus sebagai upaya merekatkan persaudaraan dan kerjasama antara warga sekolah. “Pembagian zakat ini mengandung 2 dimensi ibadah yaitu hablum minallah dan hablum minannas. Melalui pembagian zakat ini bisa meningkatkan rasa kebersamaan dan etos kerja bagi para penerima manfaat” pungkas beliau. 

(yusron ad/pp)