Home Disaster Pentingnya Melakukan Gerakan Menyimpan Air.

Pentingnya Melakukan Gerakan Menyimpan Air.

296
0
SHARE
Pentingnya Melakukan Gerakan Menyimpan Air.

JAKARTA (Parahyangan-post.com) – “Kecuali banjir dan kebakaran yang harus diantisipasi dan menjadi perhatian semua pihak di DKI Jakarta adalah krisis air bersih.

Hal ini karena gedung-gedung di Jakarta, perumahan dan sebagian warga banyak yang menggunakan sumber airnya dari air tanah.

Untuk itu kita semua harus fokuskan perhatianya kepada masalah krisis air ini kedepanya.”

Hal tersebut disampaikan, Plt.Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Pangarso Suryotomo yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Papang, dalam acara breafing dan diskusi sesuai Apel Relawan Siaga Banjir, Squad Penanggulangan Bencana Indonesia, Sabtu (14/12/2019), di Balaikota DKI Jakarta.

Lebih lanjut Pak Papang juga mengajak seluruh komponen di DKI Jakarta, terutama para pengelola gedung di Jakarta untuk melakukan gerakan menyimpan air.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Subejo sependapat dengan ajakan Plt.Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB ini. Bahkan BPBD Provinsi DKI Jakarta, lanjutnya bersama dinas dan instansi terkait dalam rangka mengantisipasi musim kemarau tahun 2019 ini, berdasarkan update data sampai dengan tanggal 13 Desember 2019, telah mendistribusikan air bersih sebanyak kurang lebih ; 2.292.000 liter air dari 533 rit truk tangki air bersih bagi warga masyarakat tersebar untuk 5 (lima) wilayah kota, yaitu ; Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta juga mengapresiasi kegiatan Apel Relawan Siaga Bencana yang dikoordinir oleh Squad Penanggulangan Bencana Indonesia. Kalaksa BPBD Prov DKI Jakarta sangat bangga dengan rekan-rekan relawan yang begitu solid, selalu bersemangat dalam bertugas untuk kemanusiaan.

Untuk itu, BPBD Provinsi DKI Jakarta, lanjut Subejo telah memfasilitasi ruangan untuk sekretariat bersama (Sekber) tidak saja untuk rapat-rapat semata, tetapi harapanya dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas bagi para rekan-rekan relawan.

Sementara itu, Ketua Squad Penanggulangan Bencana Indonesia, dalam kesempatan tersebut menyampaikan sejarah terbentuknya Squad Penanggulangan Bencana Indonesia berserta misi dan visinya serta rincian nama dan jumlah lembaga yang tergabung didalamnya.

(ratman/pp)