Home Disaster Pemberangkatan Satgas Garuda RI Penanganan Karhutla di Australia

Pemberangkatan Satgas Garuda RI Penanganan Karhutla di Australia

166
0
SHARE
Pemberangkatan Satgas Garuda RI Penanganan Karhutla di Australia

JAKARTA (Parahyangan-Post)  - Panglima TNI Marsekal TNI Dr.(HC) Hadi Tjahjanto S.I.P melepas pemberangkatan Delegasi Indonesia Satgas Garuda RI Penanganan Kebakaran Hutan di Australia dengan menggunakan peswat C-130 Hercules TNI UA dari Skadud 32 Lanud Abd.Saleh bertempat di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (01/02).

Upacara dihadiri oleh, Atase Militer Kedubes Australia, Perwakilan dari Kemenhan, Para Kepala Staf dari Empat Angkatan. Dan dari BNPB diwakili oleh Kepala Pusdalops, Bambang Surya Putra didampingi Kepala Bidang Pengendalian Taktis dan Evaluasi Operasi beserta staf.

Delegasi Indonesia Satgas Garuda RI, terdiri dari : personal TNI dari 41 orang, dengan perincian sebagai berikut : Tim LO 3 orang (TNI AD 2 orang, TNI AU 1 orang); Tim Zeni Konstruksi 36 orang (TNI AD 26 orang/Menzikon, TNI AL 6 orang/Yomar dan TNI AU 4 orang/Disfaskonau. Tim Kesehatan 2 orang (TNI AD); Personel Kemlu 1 orang dan Personal BNPB 2 orang.

Perlengkapan yang disiapkan adalah perlengkapan perorangan (safety kit berupa helm, work glowe, safety vest dll; perlengkapan satuan (toolkit berupa toolkit kayu, batu, listrik, chaunsaw, dll); Obat obatan dan Kaporlap.

Operasi yang akan dilaksanakan oleh pasukan TNI adaalah membantu Rural Fire Service pada lapis kedua membuka dan membersihkan akses ke pemukiman warga dan jalur jalur lainnya dengan wilayah operasi dalam radius yang aman bekisar 5-10 km di Distrik Eden, NSW.

Daerah tersebut berupa perbukitan, jalan aspal. Temperatur satu bulan terakhir yaitu terendah 9 derajat celcius, tertinggi 31 derahat celcius.

Jarak dari Sydney sekitar 49 km, sehingga untuk opsi pergeseran pasukan dari Richmond menggunakan darat atau udara. 

(ratman/pp)