Home Nusantara Musrenbang di Cakung Barat Komisi D Apresiasi Pengurus RW

Musrenbang di Cakung Barat Komisi D Apresiasi Pengurus RW

85
0
SHARE
Musrenbang di Cakung Barat Komisi D Apresiasi Pengurus RW

JAKARTA (Parahyanganpost.com) -- Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta mengatakan Musrenbang bertujuan untuk perbaikan infrastruktur dan sumber daya manusia. Disela-sela musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Cakung Barat dikatakannya tak lain membahas usulan masyarakat. 

" Usulan yang disampaikan tiap perwakilan RW sudah cukup bagus, karena yang disampaikan bukan usulan kegiatan infrastruktur saja, tapi ada usulan non fisik. Ini menjadi penting, karena sejalan dengan yang disampaikan oleh Gubernur. Bahwa kualitas sumber daya manusia yang ada di Jakarta juga perlu ditingkatkan," ujar Muhayar, Sabtu (13/2/2021). 

Pada itu, Musrenbang berlangsung melalui virtual (daring) serta diikuti oleh Wakil Walikota Jakarta Timur, Hendra Hidayat. Namun demikian, Muhayar berjanji akan selalu mengawal usulan terutama yang berkaitan dengan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dimana setiap program yang akan dijalankan oleh pemerintah berasal dari kebutuhan masyarakat level mikro yakni RT dan RW.

Pasalnya, menurut dia dalam paparan hasil rembug RW diusulkan anggaran sekitar Rp 31 miliar untuk kegiatan fisik dan non-fisik pada 10 (sepuluh) RW yang terdapat di kelurahan Cakung Barat. Terlebih, anggota DPRD DKI yang membidangi pembangunan ini menyebutkan kegiatan Musrenbang menjadi sebuah bentuk proses pembuatan kebijakan yang melibatkan partisipasi masyarakat. 

" Kita kawal terus apa yang menjadi usulan masyarakat Cakung Barat. Sehingga template yang partisipatif berbuah kebijakan yang benar-benar dibutuhkan dan dirasakan oleh masyarakat. Sehingga menciptakan maju kotanya dan bahagia warganya," jelas politisi PKS.

Kemudian, dia menambahkan bentuk yang partisipatif tersebut seiring dengan approval hingga Musrenbang Kota serta menjadi acuan Bapeda dalam menyusun kegiatan dan anggaran.

(didi/rd/pp)