Home Ekbis Muhammadiyah Luncurkan Minimarket LogMart

Muhammadiyah Luncurkan Minimarket LogMart

Gerainya akan hadir di seluruh Tanah Air

242
0
SHARE
Muhammadiyah Luncurkan Minimarket LogMart

Keterangan Gambar : Peresmian salah satu gerai LogMart di Yogyakarta (foto ist)

Muhammadiyah Luncurkan Minimarket LogMart

Gerainya akan dibuka di seluruh Tanah Air

Yogyakarta, parahyangan-post.com- Ormas Islam terbesar di Tanah Air Muhammadiyah meluncurkan usaha ritel LogMart.

Nama LogMart diambil dari nama Logistik Muhammadiyah, diluncurkan Rabu 17 Februari 2021. Logmart merupakan anak usaha dari Suara Muhammadiyah, yakni portal berita milik Muhammdiyah.

Hadirnya LogMart diharap dapat memutus mata rantai distribusi barang yang selama ini dirasa tidak adil.

Diketahui saat ini hanya ada dua mini market besar yang gerainya tersebar di seluruh tanah air (kecuali di Sumatera Barat) yakni IndoMart dan AlfaMart.

Kehadiran LogMart diharap bisa menjadi  mendampingi mini market tersebut karena Muhammadiyah mempunyai jejaring yang kuat di seluruh tanah air.

Direktur Utama Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari mengatakan hadirnya Logmart merupakan bagian dari jihad ekonomi Muhammadiyah dan visi besar Islam.

“Keberadaan Logmart ini bukan hanya untuk mendirikan minimarket, tapi sebagai visi besar Muhammadiyah membangun bisnis berjejaring, konsolidasi hilir dan memutus mata rantai distributor besar di hulunya,” kata Deny.

Konsep Logmart, kata Deny, akan menjadi gerakan Nasional di mana setiap kecamatan akan ada minimal 5 outlet minimarket dan setiap kabupaten akan didirikan distributor center.

Ia menjelaskan Logmart sebagai sebuah program jejaring minimarket berbasis jamaah. Selain mengutamakan pendistribusian produk UMKM dan warga, juga dalam hal investasi pembiayaan, melibatkan jamaah sebagai bagian dari investor atau pemodal. "Minimal 40 persen saham wajib diberikan kepada jamaah," kata Deny.

Saat ini sudah berdiri 11 jaringan Logmart di Jogja dan Jawa Tengah. Dalam waktu dekat akan diresmikan 27 outlet Logmart lagi.

Pada Rabu, 17 Februari 2021, Suara Muhammadiyah melakukan roadshow peresmian Logmart di lima titik di Jawa Tengah. Di antaranya Logmart LKSA Aisyiyah Magelang, Logmart SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Logmart Banjarnegara, Logmart SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, dan Logmart wangon.*** (pp/boe)