Home Ekbis Mitra Bukalapak Ajarkan Warung Bangun Loyalitas Pelanggan Lewat Strategi Bisnis dan Keuangan

Mitra Bukalapak Ajarkan Warung Bangun Loyalitas Pelanggan Lewat Strategi Bisnis dan Keuangan

321
0
SHARE
Mitra Bukalapak Ajarkan Warung Bangun Loyalitas Pelanggan Lewat Strategi Bisnis dan Keuangan

JAKARTA - Parahyangan Post - Mitra Bukalapak, pemimpin pasar platform online-to-offline (O2O) di Indonesia, kembali menggelar acara edukatif Spesial Kumpul Juwara (SKJ) untuk wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini dihadiri ratusan pemilik warung, konter pulsa, agen individual, dan anggota Komunitas Juwara. SKJ Jakarta mengulas tentang "Strategi Bikin Pelanggan Makin Setia dengan Program Loyalitas", yang mengajak partisipan untuk belajar mengenali profil pelanggan, menentukan alokasi keuangan, serta menyusun program apresiasi berkelanjutan. 

Sebagai ibukota negara, Jakarta merupakan pusat perekonomian dengan tingkat persaingan tinggi, termasuk di sektor industri mikro. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah usaha industri mikro dan kecil (IMK) di Indonesia mencapai 4,34 juta unit pada 2022, dengan 55.163 di antaranya berlokasi di Jakarta. Persaingan tidak hanya terjadi antar sesama usaha mikro, tetapi juga dengan ritel modern yang umumnya lebih leluasa mengadopsi berbagai strategi untuk menjalin ikatan yang kuat terhadap pelanggan, seperti promo musiman dan kartu keanggotaan.

Mitra Bukalapak berkomitmen untuk menjawab tantangan yang dihadapi pelaku usaha mikro, khususnya pemilik warung, melalui berbagai kegiatan edukasi rutin bersama Komunitas Juwara, komunitas warung terbesar bentukan Mitra Bukalapak. Lewat SKJ, pemilik warung diajak terus beradaptasi dan memanfaatkan peluang di tengah lanskap industri yang semakin kompetitif. Acara ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman kolektif para pemilik warung agar dapat menarik dan mempertahankan pelanggan dengan strategi kreatif dan sederhana. 


"Dalam mendukung pemilik warung di Jakarta agar lebih berdaya saing, Mitra Bukalapak senantiasa menyelenggarakan edukasi dengan berbagai topik bisnis, salah satunya implementasi program loyalitas yang menjadi fokus kali ini. Kami ingin membangun pola pikir terbuka dan kreatif di kalangan pemilik warung, sehingga mereka dapat terus tumbuh dan mengembangkan bisnis yang berkelanjutan. Semangat inilah yang kami harapkan dapat ditularkan oleh para pemilik warung di kota besar seperti Jakarta, ke berbagai daerah lainnya di Indonesia," jelas Gitaditya Witono, AVP of Brand Marketing, Mitra Bukalapak. 

Kreativitas dan tingginya semangat kewirausahaan para pemilik warung di DKI Jakarta terlihat dari antusiasme seluruh peserta yang ikut dalam SKJ, tak terkecuali Anti Selviana yang membagikan kisah inspiratifnya dalam membangun bisnis warung di sesi Juwara Bercerita SKJ kali ini. 

Merintis Kesetiaan Pelanggan 
Berasal dari Riau, pada tahun 2017, Anti mengambil keputusan besar untuk merantau ke Jakarta dan menerima tawaran pamannya untuk mengelola sebuah warung kelontong kecil yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. 

Setahun berlalu, Anti melihat peluang ekspansi bisnis melalui produk virtual seperti pulsa, token listrik, dan layanan kirim uang. Inilah saat dia bergabung dengan Mitra Bukalapak. Keputusannya membawa dampak positif yang sangat besar. Warung Al Razak miliknya mengalami peningkatan omzet yang luar biasa, mencapai dua kali lipat dari sebelumnya. 

“Produk yang semakin lengkap membawa pelanggan yang semakin banyak, dan warung berkembang dengan pesat. Tampilan warung menjadi lebih menonjol dengan adanya spanduk dan papan nama. Dalam pelayanan, warung saya lebih unggul dengan harga yang bersaing, kemampuan melayani 24 jam, dan adanya mesin pencetak struk untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan," ungkap Anti. 

Namun, Anti tidak berpuas diri dengan kesuksesan yang sudah diraih. Dengan ilmu yang didapat dari edukasi Komunitas Juwara, Anti terus berusaha mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan. Strategi yang diterapkan termasuk memberikan bingkisan kepada pelanggan setia, seperti sirup, kopi, atau sembako setiap Ramadhan atau menjelang Idul Fitri. 

"Komunitas Juwara memberikan banyak manfaat bagi saya, dari kepercayaan diri untuk berinteraksi dengan pemilik warung lain, pengetahuan baru tentang bisnis dan pelanggan, hingga inspirasi untuk terus berkembang," tambah Anti. 


Saat ini, Anti sukses mengelola dua warung bersama saudaranya. Lewat inovasi produk maupun program pemberdayaan di Komunitas Juwara, Mitra Bukalapak berkomitmen untuk terus mendorong kesuksesan para pemilik warung lainnya, agar dapat merasakan pertumbuhan yang sama seperti Anti. Demi menghadirkan pemahaman bisnis yang menyeluruh kepada para pemilik warung, program edukasi SKJ ini juga mendapat dukungan dari berbagai lini bisnis yang relevan, di antaranya Lapakgaming dan BukaSend.

(rd/rl/pp)