Home Edukasi Mewujudkan Sekolah Aman Bencana yang Berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta

Mewujudkan Sekolah Aman Bencana yang Berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta

One Day Workshop Komitmen Bersama

206
0
SHARE
Mewujudkan Sekolah Aman Bencana yang Berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta

JAKARTA (Parahyangan-Post.com) - Yayasan Kausa Resiliensi Indonesia (YKRI) sebagai mitra implementasi Yayasan Plan International Indonesia (YPII) bersama dengan Samsung Heavy Industri dan Plan Korea menyelenggarakan kegiatan One day Workshop Komitmen Bersama Mewujudkan Sekolah Aman bencana yang Berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta.

Lokakarya ini melibatkan
para pihak dalam membangun dan menerapkan komitmen bersama untuk mendukung penerapan Sekolah Aman Bencana yang berkelanjutan pasca pendampingan, sebagai upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan upaya membangun budaya sadar bencana sejak dini. Tujuan dari kegiatan ini adalah adanya komitmen bersama dan aksi nyata dari berbagai pihak dalam melaksanakan sekolah aman bencana yang berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta. 

Merespon kejadian bencana yang sering terjadi di Indonesia dan salah satu yang terdampak adalah sekolah. YKRI bersama Plan
Indonesia melalui dukungan Samsung Heavy Industries mendampingi SDN Klender 21 dalam menerapkan 3(tiga) pilar sekolah aman yang merupakan kerangka kerja yang juga digunakan oleh Global.

Kegiatan yang sudah dilakukan dalam proses
pendampingan tersebut antara lain: sosialisasi, kampanye, pelatihan, simulasi, retrofitting / rehabilitasi terhadap bangunan sekolah, pendampingan berkala, untuk mewujudkan 3 (tiga) pilar satuan Pendidikan aman bencana, yaitu: fasilitas Pendidikan yang aman, manajemen bencana di sekolah dan penerapan pendidikan pengurangan risiko bencana yang terintegrasi dalam kurikulum. 

One day Workshop dibuka oleh Ketua Yayasan Kausa Resiliensi Indonesia, peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah
perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, BPBD Provinsi DKI Jakarta, Kanwil Kementrian Agama Provinsi DKI Jakarta, Sudin Pendidikan Jakarta Timur, UPTD kecamatan Duren Sawit, Kepala pengawas SDN Klender 21, Plan Indonesia, Froum PRB DKI Jakarta, Damkar Duren Sawit Jakarta Timur, Save the Children, Wahana Visi Indoneisa, U-Inspire, Perwakilan Sekolah, Private Sector, dan Media. 

Peserta yang hadir diharapkan berkomitmen dalam menerapkan sekolah aman bencana yang menjamin pelayanan mutu
pendidikan dan membangun budaya sadar bencana di Provinsi DKI Jakarta serta terbangun jejaring kerjasama dari multipihak dalam mendukung program sekolah aman di Provinsi DKI Jakarta. Seperti harapan dari anak-anak SDN Klender 21 yang tergabung dalam tim siaga. 

“Sekolahku Aman, Belajar Nyaman, Prestasiku Gemilang ini merupakan harapan kami dengan adanya program sekolah aman di
sekolah kami, dan sudah banyak perubahan yang terjadi di sekolah kami, salah satu kegiatan yang kami suka adalah belajar mengenai kesiapsiagaan disekolah, bagaimana mengantisipasi kebakaran yang terjadi kami juga berlatih bersama Damkar dan PMI.”

 
(abu/pp)