Home Nusantara Lahan Pemakaman Menjadi Buah Bibir Warga Cakung Tolak Pemakaman Penghuni Rusun

Lahan Pemakaman Menjadi Buah Bibir Warga Cakung Tolak Pemakaman Penghuni Rusun

108
0
SHARE
Lahan Pemakaman Menjadi Buah Bibir Warga Cakung Tolak Pemakaman Penghuni Rusun

JAKARTA (Parahyanganpost.com) -- Lahan pemakaman menjadi buah bibir warga Cakung, Jakarta Timur. Warga Cakung Barat menolak jenazah pemakaman penghuni rumah susun diwilayahnya.

Hal tersebut diutarakan Sukirman Ketua RW 07 dengan alasan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta harus menyediakan tempat pemakaman umum (TPU) di Jakarta Timur.

" Itu pembangunan rumah susun orang darimana saja (huni rusun) dibangun tapi rumah abadi atau rumah pemakaman tidak ada. Bahwa makam ditempat kita ini tanah wakaf," tegas pengurus lingkungan, Selasa (4/8/2020).

Ia melanjutkan, saat ini makan yang tersedia di Cakung Barat milik perorangan atau wakaf dan tidak dapat menampung lagi bagi jenazah lainnya yang hendak dimakamkan. Yang menjadi penolakan warga adalah ketika rusun dibangun akan tetapi tidak diimbangi dengan tempat pemakaman.  

Katanya, makan wakaf tersedia tempat itu khusus untuk warga setempat karena milik leluhur mereka. Diketahui, rumah susun sewa yang berada di Cakung Barat menampung sekitar 30.000 penghuni. Menurut dia, rusunawa yang berdiri di Jakarta Timur dan dibangun sebanyak 30 tower.

" 30 tower dikali 1000 sana dengan 30 ribu orang pada saat meninggal kami tidak ijinkan. Untuk warga disini habis mohon aspirasi kami masalah pemakaman Pak Dewan. Jadi mohon kedepannya bagaimana caranya saya sudah disampaikan ke warga rusun, ini makam dari kakek buyut kami," keluh warga tersebut.

Sementara, anggota DPRD DKI Jakarta yang membidangi pembangunan menjelaskan serta mencatat masukkan dari warga tersebut dan kemudian akan memanggil pihak rusun yang ada di Cakung Barat.

Rencananya, Syahroni SE selaku anggota Komisi D akan berdialog dengan pihak-pihak terkait demi mencari solusi permasalahan tempat pemakaman umum (TPU).

" Jadi nanti pas hari Rabu kita omongan juga apakah ini dari pihak rusun PR saya ada 3 untuk RW 07. Hari ini buat suratnya ke DPRD," kata politisi PAN. (Dw/pp)