Home Edukasi Khataman Al-Quran Guru dan Tenaga Kependidikan SMA Muhi

Khataman Al-Quran Guru dan Tenaga Kependidikan SMA Muhi

180
0
SHARE
Khataman Al-Quran Guru dan Tenaga Kependidikan SMA Muhi

YOGYAKARTA -- Parahyangan Post -- Pesantren Ramadhan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun 1443 H ditutup dengan kegiatan Khataman Al-Quran. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 22 April 2022 bertempat di  Grha As-Sakinah. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 130 guru dan tenaga kependidikan ini dimulai pukul 12.45. 

Kegiatan Pesantren Ramadhan sudah berlangsung sejak awal Bulan Ramadhan dan dilaksanakan pukul 12.30 WIB setelah Sholat Dzuhur. Para GTK dibagi menjadi 10 kelompok dan dibimbing oleh ustadz dan ustadzah dari Pondok Tahfidz Muhammadiyah Ibnu Juraemi. Adapun kegiatan dalam Pesantren GTK ini adalah kajian seputar Islam, praktik ibadah, dan pelatihan baca Al-Quran. Pelatihan baca Al-Qur’an ini dibagi menjadi 2 yaitu kelas matrikulasi dan kelas tahfidz sesuai dengan kemampuan peserta.

Peserta dalam kegiatan khataman ini dibagi menjadi 30 kelompok dengan masing-masing kelompok ada 4-5 orang. Masing – masing kelompok diberikan tugas untuk  membaca Al – Qur’an 1 juz. Setelah peserta selesai membaca Al-Qur’an, acara dilanjutkan dengan tausyiah dan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz H Charis Thohari Rohman, S.Sy, S.Th.I, Al-Hafidz selaku direktur Tahfidz Muhammadiyah Ibnu Juraemi.

Dalam tausyiahnya beliau menyampaikan bahwa berdasarkan Hadist Riwayat Bukhari Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengamalkannya." Selain itu, Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim juga menjelaskan mengenai janji Allah kepada penghafal Al-Qur'an, yakni akan bersama para malaikat dan juga mendapatkan pahala meski terbata-bata.

Menurut beliau menjadi penghafal Al-Quran juga memberikan keutamaan di akhirat yaitu Al-Qur'an bisa memberikan syafaat dan pertolongan kepada orang yang membaca dan mengamalkannya. “Semoga sedikit tausyiah ini bisa memotivasi kita untuk terus belajar Al-Qur’an dan mengamalkannya” pungkas beliau.

Kepala SMA Muhi Bapak Drs. H. Herynugroho, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga sekolah yang telah menyemarakkan kegiatan Ramadhan di sekolah. Beliau berharap para GTK semakin lancar dalam membaca Al-Qur-an dan SMA Muhi sebagai sekolah unggulan Muhammadiyah bisa mencetak generasi penghafal Al-Qur’an.

“Semoga dengan kegiatan ini semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan meningkatkan mutu pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di sekolah” pungkas beliau.

Sebelum kegiatan ini ditutup, disampaikan juga berbagai pengumuman dari sekolah dan penyerahan penghargaan guru berprestasi Bulan April 2022. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bernilai ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

(Yusron AD/PP)