Home Edukasi Keunggulan Kuliah Daring melalui HADI Learning Management System

Keunggulan Kuliah Daring melalui HADI Learning Management System

203
0
SHARE
Keunggulan Kuliah Daring melalui HADI Learning Management System

JAKARTA  Parahyangan Post - Pemerintah lewat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 24/2012, dan Nomor 109/2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Perguruan Tinggi mendorong penyelenggaraan kuliah daring. Adanya kuliah daring dapat mengakselerasi peningkatan jumlah lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi. 

Kemudian, di tingkat universitas, kuliah daring kini menjadi sistem pembelajaran baru yang mulai diterapkan oleh semua kampus sejak pandemi Covid-19 merebak di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kuliah daring tentu memberikan dampak positif agar para mahasiswa dapat lebih siap menghadapi persaingan global lewat keterampilan berteknologi. 

HADI atau Human and Digital Interface merupakan sebuah learning management system (LMS) yang hadir untuk memfasilitasi pelajar strata 1 untuk bisa mendapatkan kualitas pendidikan bertaraf internasional melalui kelas daring. Memberikan kemudahan proses belajar mengajar yang fleksibel, HADI menyediakan program hybrid 2+2, dimana dua tahun pertama S1, mahasiswa dapat kuliah daring dari manapun menggunakan platform HADI dimana materi perkuliahan disusun oleh tim akademis dari Woosong University.  Kemudian, dua tahun terakhir masa S1, mahasiswa bebas memilih untuk berkuliah tatap muka di lebih dari 50 partner universitas HADI yang ada di seluruh dunia. Ketika seorang mahasiswa lulus dari program ini, maka dia akan memperoleh ijazah dari universitas dimana dia menyelesaikan 2 tahun terakhir S1. 

Beberapa universitas yang telah bekerjasama dengan HADI diantaranya adalah Beijing Foreign Studies University dan Beijing Institute of Technology di China, VIVES Hogeschool di Belgia, CTBC Business School di Taiwan, Hongkong Polytechnic University, dan lain lain. 

Tae Han Kim, Chief of Marketing HADI menjelaskan, “Dengan kuliah daring 100% maka mahasiswa hanya membayar SPP biaya kuliah saja di setiap semester, tidak ada biaya-biaya seperti fasilitas penunjang (resource fee), biaya lab, serta biaya tambahan lainnya, yang juga menjadi keunggulan lain di HADI.” Biaya kuliah di HADI pada semester kedua hingga keempat merujuk pada nilai akhir semester sebelumnya. Saat transfer untuk mengikuti kelas tatap muka di tahun ketiga, biaya perkuliahan akan mengacu pada ketentuan program dan universitas yang dipilih oleh mahasiswa. 

HADI juga memberikan beasiswa berupa potongan biaya kuliah berdasarkan prestasi atau perolehan IPK mahasiswa di setiap semesternya. Sehingga, apabila seorang mahasiswa ingin mendapatkan beasiswa, maka mereka harus menjaga nilai mereka tetap bagus. Misalnya seorang mahasiswa memperoleh mulai 3.0 ke atas, maka dia akan memperoleh beasiswa sebesar US$ 320, dan bagi mahasiswa yang IPK-nya lebih dari 3.5 akan mendapat beasiswa sebesar US$ 640. Hal ini diharapkan agar mahasiswa termotivasi untuk menjaga performa terbaik mereka. 

Setiap aplikasi pendaftaran dinilai secara individu. Proses penyaringan merujuk pada nilai akademik, keterampilan berbahasa Inggris, dan surat rekomendasi sebagai anggota ekstrakurikuler. Bagian penerimaan mahasiswa baru sangat selektif dan calon mahasiswa didorong untuk mendaftar sedini mungkin untuk memastikan waktu yang cukup untuk peninjauan aplikasi. Untuk mengikuti periode perkuliahan di musim gugur tahun ini, calon mahasiswa sudah bisa mendaftar dan pendaftaran akan ditutup pada 10 Agustus 2022. Bagi mereka yang ingin mengikuti perkuliahan di musim semi tahun depan, pendaftaran akan ditutup pada 11 Februari 2023. 

Berikut empat langkah mudah untuk memulai perkuliahan di HADI. Pertama, calon mahasiswa bisa mengisi aplikasi online dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Berikutnya, setelah dilakukan pemeriksaan dokumen oleh tim HADI, maka calon mahasiswa akan dijadwalkan untuk melakukan wawancara dengan bagian pendaftaran. Pada tahap ketiga, kandidat yang sukses akan menerima surat penerimaan dari admission melalui email. Terakhir, calon mahasiswa bisa mengkonfirmasi email dengan melakukan pembayaran melalui transfer bank. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratan pendaftaran dan mekanisme perkuliahan bisa mengunjungi langsung websitenya di www.hadi-lms.com. Ikuti terus update terbaru dari HADI melalui Instagram @hadiindonesia.

(rls/pp)