Home Nusantara Ketua YKPII, Prof.Dr. Faraouk Muhamad Meninggal Dunia

Ketua YKPII, Prof.Dr. Faraouk Muhamad Meninggal Dunia

#beritaduka

81
0
SHARE
Ketua YKPII, Prof.Dr. Faraouk Muhamad Meninggal Dunia

JAKARTA (Parahyanganpost.com) -- Anggota DPD RI Prof Dr H Farouk Muhammad bin Salim Syekh Abubakar, Dapil Bima NTB wafat pada 18 Febuari 2021, sekitar pukul 03.00 WIB. Menurut keterangan dari pihak keluarga, jenazahnya dikebumikan, Kamis (18/02), berangkat dari rumah duka di Jl.H.Mursyid No.33, Rt.07/Rw.04, Kel.Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sekitar pukul 11.00 WIB menuju Aula PTIK, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, untuk disholatkan.

Dan selanjutnya, usai sholat Dhzuhur, ditsertai hujan, jenazah beserta rombongan pengiring menuju ke Taman Makam Kalibata, untuk dimakamkan. Proses pemakamannya sendiri dengan  upcara resmi yang dipimpin oleh salah satu pejabat dari kepolisian.

Sementara itu, tampak dirumah duka, berdatangan ucapan belasungkawa dari kerabat, handai tauland dan relasi. Tampak dari karangan bunga dari keluarga besar Kapolri, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPR RI, Tamsilinrung, Syarip Hidayatullah SH (Lowyer Polri), Dr Kaharudin, Mansyur Arsyad Paguyuban Bima, Menteri KLHKSiti Nurbaya, ustaz Habib Alwi Baharun (Imam sholat), Rahman Hadi M Si (Seketaris DPD), Umar Ali (Wartawan FM Center), Irman Putra Sidin, Sofyan A Djalil (Mentri Tata Ranah), Ahmad Muzani (Waka MPR). 

Sekilas Sosok Prof.Dr. Farouk Muhammad :

Almarhum merupakan sosok yang baik, disukai oleh rekan-rekanya, pria kelahiran, Bima, 17 Oktober 1949.  Meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak serta tiga cucu. Berikut tugas dan jabatan yang almarhum jalani, sebagai Guru Besar pada STIK-PTIK dan Universitas Indonesia (UI). Anggota Komisi Kajian Ketatanegaraan (K3) MPR I 2020.

Selain itu almarhum juga pernah menduduki berbagai jabatan di lingkungan kepolisian, dan pangkat terakhir beliau Irjen Polisi. Lulusan Akademi Kepolisian, Semarang tahun (1972), selain aktif dilingkungan tugasnya di kepolisian juga aktif mengajar. 

Disamping itu almarhun juga aktif dalam dunia kepenulisan, tulisan-tulisanya dalam bentuk artikel, dan lain-lain tersebar melalui publikasi baik media maupun dalam bentuk jurnal. Buku-buku karyanya banyak menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiswa kepolisian.

Dalam kegiatan sosial almarhum juga banyak terlibat, diantaranya pernah menjadi Ketua Dewan Pembia Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GN-PK). Dan sampai sekarang beliau masih menjabat sebagai Ketua Yayasan Kesejahteraan Pemuda Islam Indonesia (2012 - sekarang).

Atas berbagi prestasi dan pengabdianya dalam bertugas almarhum juga banya mendapat tanda jasa dan penghargaan.

Selamat jalan Prof.Dr.Farouk Muhammad, jasa dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara tak pernah lekang, akan selalu dikenang oleh generasi muda dimasa mendatang.

(mahdi/pp)