Home Nusantara Kerja Keras SDA Komisi D Pantau Kali Buaran Bebas Banjir

Kerja Keras SDA Komisi D Pantau Kali Buaran Bebas Banjir

60
0
SHARE
Kerja Keras SDA Komisi D Pantau Kali Buaran Bebas Banjir

JAKARTA (Parahyanganpost.com) - Banjir melanda sebagian wilayah di DKI Jakarta namun di saluran air kali Buaran terpantau normal. Hal ini dinilai oleh anggota Komisi D disela-sela terjun langsung memantau kondisi banjir dibeberapa tempat. 

Syahroni SE menyampaikan khusus di Kecamatan Cakung Jakarta Timur warga dapat merasakan kenyamanan terbebas dari bencana banjir. Hasil pengerukan yang dikerjakan Sudin SDA ini sangat diapresiasi anggota DPRD DKI tersebut. 

" Banjir tak lagi melanda (kecamatan) Cakung. Saat terjadi banjir dimana-mana Cakung aman, wilayah-wilayah yang biasa tergenang banjir Kelurahan Penggilingan, Kelurahan Pulogebang dan Ujung Menteng hingga saat ini dalam kondisi normal," kata Syahroni, Sabtu (20/2/2021).

Politisi PAN ini juga menjelaskan, intensitas hujan yang cukup tinggi di Jakarta berdampak sebagian saluran air meluap kepemukiman warga. Syahroni mengatakan peningkatan debit air di kali Buaran dinyatakan wajar dan terpenting air berjalan lancar tanpa sumbatan. 

" Hanya ada peningkatan sedikit di kali Buaran, padahal tahun sebelumnya kali ini meluap merendam sedikitnya 4 kelurahan terdampak. Kondisi tidak banjir bukan karena tidak hujan karena hujan merata di seluruh DKI. Ini buah hasil kerja keras Dinas SDA dan Walikota Jaktim yang sangat perhatian pada masalah banjir," ungkapnya. 

Kali Buaran terbebas dari ketinggian air, Syahroni merincikan sebelum musim penghujan tiba SDA Jaktim telah melakukan gerebek lumpur termasuk pengerukan pendangkalan kali. 

Selain material pasir dan lumpur, sampah-sampah yang dapat menyumbat jalannya aliran air diangkut juga oleh tim biru. Lebih lanjut, Syahroni mengharapkan partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan kepada pemerintah untuk mencari solusi banjir. 

" Saya juga menghimbau agar saat terjadi genangan atau banjir jangan hanya melaporkan banjirnya saja, tetapi turut memberi masukan ke pemerintah mengenai solusi untuk mengatasinya. Sehingga dalam melaksanakan kegiatan sudah mendapatkan dukungan dari masyarakat," tandasnya.

(didi/pp)