Home Disaster Kemenag Siapkan Dana Rp. 311 Milyar untuk Penanganan Covid-19

Kemenag Siapkan Dana Rp. 311 Milyar untuk Penanganan Covid-19

Baznas Sudah Turun Sejak 7 Maret

348
0
SHARE
Kemenag Siapkan Dana  Rp. 311 Milyar  untuk Penanganan Covid-19

Keterangan Gambar : Plt. Sekjen Kemenag Nizar Ali (kanan), Kepala Biro Perencanaan Setjen Kemenag Ali Rokhmad, saat memimpin rapat penyiapan dana untuk memerangi Covid-19, di Jakarta. (foto khoir)

Kemenag Siapkan Dana  Rp. 311 Milyar  untuk Penanganan Covid-19

Baznas Sudah Turun Sejak 7 Maret

 

Jakarta, parahyanga-post.com-Kementerian Agama menyiapkan anggaran lebih dari Rp300 miliar untuk membantu penanganan penyebaran virus Korona (Covid-19). Alokasi anggaran tersebut disepakati dalam rapat bersama para Sekretaris Ditjen dan pejabat eselon II Setjen Kemenag.

Rapat dipimpin Plt Sekjen Kemenag Nizar Ali.

"Alokasi anggaran ini bagian dari keprihatinan dan kepedulian kita dalam mencegah penyebaran Covid-19," terang Nizar di Jakarta, Senin (23/03).

"Paling tidak ada 311 miliar, syukur kalau bisa bertambah. Sumbernya dari APBN dan Non APBN," sambungnya.

Menurut Nizar, anggaran yang bersumber dari APBN  diambil dari tiga komponen pokok, yaitu: perjalanan dinas luar negeri, perjalanan dinas dalam negeri, serta anggaran perjalanan yang ada dalam kegiatan-kegiatan. Sedang anggaran Non APBN bersumber dari bantuan BPKH, Baznas, dan BWI.

"Kemarin kita sudah menyalurkan lima miliar rupiah. Tiga miliar rupiah untuk Rumah Sakit Haji dan dua miliar rupiah untuk Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, Jakarta," tuturnya.

"Kita juga sudah membentuk Posko Bencana yang akan menggalang bantuan dari ASN Kemenag dan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Direktur Baznas M. Arifin Purwakananta belum bisa memberikan jawaban berapa dana yang diberikan pihaknya untuk mendukung Kemenag dalam memerangi Covid-19. Namun disampaikannya,  sejak 7 Maret  Baznas sudah turun ke lapangan membantu masyarakat mencegah penyebaran virus corona.

Menurutnya ada 9 bentuk layanan bantuan yang diberikan pihaknya, yaitu penyemprotan  desinfektan, pembagian sajadah 600 lembar, aksi cuci karpet masjid, edukasi masyarakat,sekolah, masjid dll, edukasi online, pemeriksaan kesehatan, pembagian handsanitizer, pembagian  westafel sehat dan pembagian masker.

Pembagian masker sebanyak 200 box yang berisi 10 ribu masker untuk tenaga kesehatan di Jakarta, berlangsung  Kamis (19/3), lalu.

Pendistribusian ini dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Program Rumah Sehat BAZNAS, dr Reza Ramdhoni bersama tim di dua lokasi yakni di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan sebanyak 100 box, dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sebanyak 100 box.*** (pp/aboe/rilis)