Home Husada KATUPEK GULAI PAKU SELAIN NIKMAT JUGA BANYAK MANFAAT BAGI KESEHATAN CEKAL COVID 19.

KATUPEK GULAI PAKU SELAIN NIKMAT JUGA BANYAK MANFAAT BAGI KESEHATAN CEKAL COVID 19.

120
0
SHARE
KATUPEK GULAI PAKU SELAIN NIKMAT JUGA BANYAK MANFAAT BAGI KESEHATAN CEKAL COVID 19.

Oleh  : Imansyah Hakim Al Rasyid.
(Wartawan, Penulis dan Pengurus PJMI)


Bagi masyaràkat Minang, makanan ,katupek gulai paku, rasanya tidaklah asing lagi terdengar ditelinga. Paku disini bukanlah paku dari besi untuk menyatukan kayu, akan tetapi paku sejenis tumbuhan yang jika dimasak rasanya alamak, aduhai maknyuss,  rancakbana.

Adalah pakis bahasa latinnya. Diplazium  esculentum banyak tumbuh subur didaerah aliran sungai berbatu di ketinggian sisi gunung yang lembab, tebing tebing yang teduh. Pucuknya yang muda jika dimasak ala olahan Minang, rasanya nikmat sekali. Disamping rasanya yang khas, dan lezat, tanaman pakis ini ternyata punya banyak manfaat yang sangat luar biasa. Karena pakis kaya akan anti oksidan, manfaat dan vitamin yang dikandungnya salah satu nya adalah vitamin A dan vitamin C. 

Disituasi pandemik Covid 19, saat ini mengkonsumsi pakis sangat dianjurkan. Untuk menangkal serangan virus akibat kekurangan daya tahan tubuh. Jadi menambahkan sayur pakis kedalam menu diet harian dapat membantu dan melindungi tubuh kita dari infeksi. Anti oksidan ini juga membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penuaan.

Pakis banyak mengandung niasin dan kalium, dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena dapat melindungi jantung dan menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Selain itu sayur pakis juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi peluang kita terkena stroke, serangan jantung serta penyakit penyakit jantung lainnya.

Ternyata sayur pakis sangat kaya dengan kandungan zat besi, dengan mengkonsumsi sayur pakis dapat membantu menjaga jumlah sel darah merah yang dapat melindungi diri dari anemia, menjaga darah kita kaya akan oksigen. Ternyata bukan hanya bagian darah yag terlindungi dengan banyak makan sayuran pakis ini,  mata yang butuh asupan viitamin A sangat terbantu dengan adanya pakis ini.Sayur pakis juga dapat melindungi mata dari degenerasi makula, seiring bertambahnya usia.

Mengkonsumsi sayuran pakis, secara rutine bisa mengatur fungsi tiroid karena dapat menjaga kadar gula dalam darah, karena pakis juga mengandung mangan.

Dahulu ditahun 2016, ketika saya berkunjung ke Nabire dalam satu lawatan pencarian emas, saya dapati  begitu banyaknya tanaman pakis ini tumbuh subur dan liar di tebing tanah Nabire yang lembab, setelah meminta ijin dengan kawan seorang kepala distrik kawasan Biak saya memetik secukupnya untuk bahan campuran makan mie instan di kedai Nabire yang sy jumpai kelak.

Transaksi dengan penjaga kedai, harga mie instan jadi permangkok isi satu bungkus dihargai Rp.65 ribu rupiah. Tanpa kerupuk apalagi topping potongan ayam, layaknya mie pangsit kota. Harga yang fantastis dari sebungkus mi instan yang kalau di Jakarta harganya tidak lebih dari 2.000 (dua ribu perak) saja.

Tentu saja mie instan harganya sedemikian mahal karena saya menduga biaya distribusi dan transpotasi nya perjalanan mie instan ini sampai ke belantara Nabire, melalui proses panjang hingga harus menaiki helycopter segala. Ini semuanya gara gara tanaman pakis yang banyak khasiatnya. Makan mie instan tanpa topping potongan daging ayam di Nabire seharga Rp.65 ribu rupiah..

Jadi siapa warga Minang yang tidak kenal Katupek Gulai Paku Sabana Lamak  dari restoran Sari Bundo??, Ayoo tunjuk tangan..!!