Home Edukasi IPM Muhi Berbagi Manfaat di Bulan Ramadhan

IPM Muhi Berbagi Manfaat di Bulan Ramadhan

273
0
SHARE
IPM Muhi Berbagi Manfaat di Bulan Ramadhan

YOGYAKARTA -- Parahyangan Post -- Pada bulan April 2022 bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1443 H digelar bakti sosial ke masjid binaan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Masjid binaan PR IPM Muhi itu berada di Dusun Kepek, Candirejo, Semin, Gunungkidul yakni masjid Al-Hidayah. Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Ahmad Affandi, S.Th.I selaku wakil kepala sekolah urusan kesiswaan didampingi bapak ibu guru staf kesiswaan dan beberapa siswa yang menjadi pengurus IPM. 

Pelaksanaan baksos ini bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi, wujud syukur, dan kerjasama sosial masyarakat. Kerjasama pemberdayaan masyarakat ini telah dijalin sejak 3 tahun dan telah menghasilkan masjid yang semakin makmur dan bagus setelah beberapa kali renovasi. Namun, evaluasi terhadap kebutuhan masih terus dilakukan demi kemajuan masjid dan jamaahnya. Kegiatan baksos ini juga menyerahkan bantuan berupa makanan untuk kambing dari IPM SMA Muhi yang dirawat oleh 6 orang warga dusun Kepek ini. Investasi kambing ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 dan manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat.

 Menurut Ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah ananda Muhammad Bintang Arrizki program ini merupakan implementasi dari hasil Muktamar IPM yang sudah dilaksanakan. Adapun 3 rekomendasi Muktamar IPM itu adalah konservasi ekologi, program literasi sekolah dan sosial entrepreneurship. Acara bakti sosial ini dimulai pukul 10.00 WIB dengan disambut oleh Bapak Sutrisno selaku kepala takmir masjid Al-Hidayah.

Bapak Ahmad Affandi, S.Th.I selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan alam dan sosial sebagai bekal siswa kelak menjadi seorang pemimpin bangsa. Bapak Sutrisno selaku kepala takmir masjid Al-Hidayah mengatakan sangat berterima kasih atas program bakti sosial yang sudah dilakukan. Beliau sangat berharap SMA Muhammadiyah bisa terus menjadi mitra dalam pemberdayaan masyarakat di Dusun Kepek ini. Setelah acara penyambutan selesai, kemudian dilakukan penyerahan berbagai peralatan untuk masjid secara simbolis oleh perwakilan Bapak Ahmad Affandi, S.Th.I sebagai perwakilan pimpinan sekolah.

Setelah Kegiatan penyerahan bantuan untuk masjid selesai, acara dilanjutkan dengan silaturahmi ke rumah warga peternak kambing bantuan dari SMA Muhi. Pada kesempatan ini diserahkan bantuan makanan sebagai tambahan gizi untuk kambing. Bapak Hadiid Sulaiman S.Pd selaku pembimbing IPM mengatakan investasi kambing ini untuk melatih siswa agar mempunyai kebiasaan berbagi dan berinvestasi secara syariah dengan pembagian hasil secara adil dan proporsional. Kunjungan bakti sosial ini diakhiri dengan doa dan sesi foto di Masjid Al-Hidayah. Akhirnya kegiatan bakti sosial ini telah berakhir dan rombongan kembali ke SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan membawa kenangan yang berkesan.

(yusron/pp)