Home Disaster IKS Peduli Bagi-bagi Sembako di Jakarta

IKS Peduli Bagi-bagi Sembako di Jakarta

Bantu Masyarakat Terdampak PSBB

475
0
SHARE
IKS Peduli Bagi-bagi Sembako di Jakarta

Keterangan Gambar : Ketua IKS Aan Chaniago (kanan) saat menyerahkan bantuan secara simbolik kepada ratusan perantau Salayo yang terdampak secara ekonomi gegara Covid-19 di Jakarta. (foto iks)

IKS Peduli Bagi-bagi Sembako di Jakarta

Bantu Masyarakat Terdampak PSBB

Jakarta, parahyangan-post.com. Untuk membantu perantau Minang yang terdampak secara ekonomi oleh Covid-19, Ikatan Keluarga Selayo (IKS) Jakarta dan sekitarnya membagi-bagikan paket sembako di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Salayo adalah sebuah Nagari (Kelurahan) yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Perantau Salayo kebanyakan berdomisili di Kebayoran Lama dan mencari nafkah di pasar tersebut. Usaha mereka diantaranya, berdagang, supir angkot, ojol dan sektor informal lain.

Ketua IKS Aan Chaniago mengatakan, tahap pertama sudah dibagikan 205 paket kepada pedagang kaki lima yang tidak bisa berdagang, supir angkot, ojol dan warga yang terpaksa mengganggur akibat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB), akhir bulan lalu.

“Sedangkan tahap kedua dalam pengumpulan donasi. Sudah terdata 100 lebih calon penerima,”  tutur Aan via daring kepada parahyangan-post.com, Sabtu 16/5.

Dikatakan Aan, donasi berasal dari warga Salayo yang sukses di perantauan, yang terketuk pintu hatinya melihat saudara-saudara seperantauan terpapar secara ekonomi gegara corona.

“Dari segi penyakit, alhamdulillah belum satu pun warga Selayo perantauan yang terkena corona. Kita berharap jangan sampai kejadian. Untuk itu kami juga menghimbau kepada warga Salayo perantauan agar mengikuti anjuran kesehatan pemerintah dan protocol WHO untuk memutus mata rantai virus ganas asal Wuhan, China itu,” tambahnya.

Dijelaskan Aan, satu paket sembako berisi beras 5 kg, minyak grg 2 kg, sirop Marjan 1, indomie 6 bks,teh 1 boks dan susu kental manis cap bendera 1 kantong, yang jika dihitung dengan uang senilai sekitar Rp. 150.000,-.

“Alhamdulillah antusiasme warga perantauan Salayo yang sukses di Jakarta cukup tinggi untuk membantu saudara-saudaranya yang terdampak,”syukur Aan.

Aan berharap untuk tahap kedua ini semakin banyak yang berdonasi. Karena perantau Salayo yang ‘jadi orang’ alias sukses di Jakarta juga sangat banyak.  Hampir di semua bidang mereka ada, mulai dari birokrat, politisi, saudagar, artis, pendidik, jurnalis dan juga diplomat.

“Mereka adalah donatur-donatur potensial untuk menolong saudara yang mendapat ujian wabah virus corona ini,” lanjut Aan.

Dijelaskan Aan, dalam mencari donasi, pihaknya memakain sistem paket. Satu paket senilai Rp. 150.000,-

“ Alhamdulillah ada yang nyumbang 10 paket, ada yang 20 dan seterusnya. Pokoknya solidaritas perantauan Salayo cukup tinggi,” puji Aan.*** (aboe)