Home Disaster GERAK CEPAT DPD PENA 45 JABAR BANTU KORBAN

GERAK CEPAT DPD PENA 45 JABAR BANTU KORBAN

Bencana banjir dan tanah longsor tahun baru

40
0
SHARE
GERAK CEPAT DPD PENA 45 JABAR BANTU KORBAN

Keterangan Gambar : Ketua PENA 45 JABAR Aini Kartaatmaja (dua dari kiri) didampingi Ibu Elly PENA BEKASI RAYA (paling kiri), Bapak Razwir PENA BEKASI RAYA, (tengah) menyerahkan bantuan kepada Dan Lanud Atang Sanjaja Marsma Eding Sungkana sebelum bantuan dinaikkan ke atas helikopter, Minggu 12/01. (foto aboe)

GERAK BERSAMA MERINGANKAN KORBAN BENCANA JAKARTA DAN SEKITARNYA

Banjir dan tanah longsor yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada tanggal 1-2 Januari 2020 lalu menyiskan duka yang amat dalam. Namun kesiapan masyarakat, baik perorangan maupun organisasi terstruktur, bahkan partai politik,  dalam menyikapi patut diapresiasi. Tanpa dikomando mereka langsung turun tangan meringankan penderitaan korban.

Liputan PARAHYANGAN-POST.COM kali ini melihat dan mengikuti dari dekat pergerakan kaum relawan tersebut, yang tiada kenal lelah, -siang-malam-, mengumpulkan, menyalurkan dan memberikan terapi (therapy healing)  pasca bencana kepada korban, terutama untuk menghilangkan trauma bagi anak-anak. liputan akan dimuat secara berseri mulai hari ini. LIPUTAN INI JUGA AKAN DIMUAT DI TABLOID ALINEA BARU EDISI 5/JANUARI 2020, Sebagai Liputan Utama.

GERAK CEPAT DPD PENA 45 JABAR

Bogor, parahyangan-post.com-Gerak cepat dilakukan oleh ormas yang baru saja berdiri, bahkan belum diresmikan, yaitu DPD PENA JABAR. Ketika bencana terjadi Rabu-Kamis, (1-2) Januari 2020, ketuanya Aini Kartaatmaja langsung menggalang kekuatan dan donasi. Baik donatur dari dalam organisasi sendiri maupun dari luar. Dalam waktu singkat mereka berhasil mengkoordinir sejumlah bantuan dan dikumpulkan di sekretariatnya, Komplek Ruko Galaxi, kota Bekasi.

Bersama DPC PENA BEKASI RAYA mereka turun ke lapangan menyalurkan bantuan yang terkumpul. Wilayah-wilayah bencana yang dikunjungi adalah wilayah yang terparah dilanda banjir, diantaranya, Jalan Patuha (Bekasi Selatan), Komplek Irigasi, Perumahan Kartini, Perumahan Duren Jaya, Bhuni Bhakti, Taruma Jaya, Perumahan Century 2, Perumnas 1, Kampung Benda dan Pondok Mitra Lestari (PML). Semuanya berada di Bekasi. Maklum Bekasi termasuk wilayah terparah dilanda bencana.

Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji, mie instan, pakaian bekas, obat-obatan, beras (sembako) dan segala kebutuhan yang sangat diperlukan oleh para korban pasca kejadian. Siang-malam Aini dan pengurus, diantaranya  Bapak Bambang (sekretaris DPD PENA JABAR), Ibu Elly, Bapak Razwir (DPC PENA BEKASI RAYA) menyalurkan bantuan. Bahkan Ibu Elly, yang rumahnya juga terendam banjir, tetap bergerak menyalurkan bantuan.

Penyaluran bantuan bukan hanya  sehari dua hari  sesudah bencana terjadi, tetapi terus berkelanjutan sampai  waktu yang lama, mengingat bencana (hujan) diperkirakan akan terus terjadi hingga bulan Februari 2020.

Pada Minggu 12 Januari mereka juga menyalurkan bantuan  ke desa Cigudeg, Kelurahan Pasir Madang, Kecamatan Suka Jaya, Kabupaten Bogor. Uniknya merek menyalurkan melalui helikopter dari Lanud Atang Sanjaya. Sedangkan sorenya, sepulang dari Bogor mereka masih sempat menyalurakn bantuan di Perumahan Jaka Kencana, Bekasi Selatan, yang lokasinya berada di pinggir kali.

“Yah, kalau dibilang capek tentu capek, tetapi kerja kemanusaian seperti tidak mengenal lelah. Saya tetap semangat,” tutur ketua DPD PENA JABAR, Ibu Aini Kartaatmaja, yang juga pengusaha transportasi ini kepada Ismail Lutan dari Tabloid Alinea Baru.*** (aboe)