Home Nusantara GASBUMI Lakukan Dialog dengan Staf Khusus Presiden

GASBUMI Lakukan Dialog dengan Staf Khusus Presiden

Atasi Masalah Pengangguran

179
0
SHARE
GASBUMI Lakukan Dialog dengan Staf Khusus Presiden

Jakarta, parahyangan-post.com- Ketua Umum Gerakan Serikat Buruh Muslim Indonesia (GASBUMI) Abdul Razak Yahya mengatakan, banyak pengangguran dan angkatan kerja yang tidak tertampung akan meningkatkan kriminalitas di Tanah Air. Hal tersebut disampikan pada Webinar dengan sataf ahli presiden, di Jakarta, 5/12.

“Banyaknya pengangguran dan angkatan kerja yang tidak tertampung atau tersalurkan di bursa kerja menjadi problem yang sangat serius, yang harus ditangani. Karena kondisi ini akan menimbulkan kerawanan sosial. Tingkat kriminalitas akan meningkat. Untuk itu perlu pemecahan bersama agar tidak menjadi bom waktu,” tutur Razak.

Berangkat dari keprihatinan ini, lanjut Razak,  GASBUMI mengorganisasikan diri untuk mendorong kesadaran bersama meningkatkan program dan menciptakan lapangan kerja secara umum ataupun pribadi.

Untuk itu, lanjut Razak, pihaknya perlu pembicaraan lebih teknis dengan pihak pemerintah, dalam hal ini dengan staf ahli presiden, untuk mencarikan solusinya.

Dia menambahkan, banyaknya pengangguran di Indonesia, antara lain disebabkan  dampak dari panjangnya masa pandemi di semua wilayah Indonesia. Sehingga  angkatan kerja  tidak dapat disalurkan.  Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) angkatan kerja pada bulan Februari 2022 : 144,01jt orang saat ini kurang lebih 5,6%  dari 275 .361.267. jt penduduk Indonesia.

GASBUMI  didirikan pada 21 tahun lalu. Saat ini sudah hadir di 18 Propinsi, antara lain di  Aceh, Sumut, DKI, Lampung, Makasar, Bali, Maluku sampai Papua.  Berangggotaka 170.000 orang. Tujuannya adalah untuk memperjuangkan kesejahteraan kaum buruh Indonesia.*** (pp/Irwan)