Home Edukasi Festival Timur Tengah 2022 di UI

Festival Timur Tengah 2022 di UI

Usung Tema Mengenang Sejarah Arab untuk Masa Depan Lebih Baik

198
0
SHARE
Festival Timur Tengah 2022 di UI

Festival Timur Tengah 2022 di UI

Usung Tema Mengenang Sejarah Arab untuk Masa Depan Lebih Baik

Depok,parahyangan-post.com-Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menyelenggarakan Festival Timur Tengah 2022.

Kegiatan ini yang berlangsung selama empat hari, Senin-Kamis, 28 November - 1 Desember 2022, di Auditorium Gedung 4 FIB UI Depok, mengusung tema “Mengenang Sejarah Arab untuk Masa Depan yang Lebih Baik."

Festival ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan Asean, Y.M. Abdulla Salem Al-Dhhaeri bersama Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Dr. Untung Yuwono mewakili Dekan FIB UI dan Ketua Program Studi Arab FIB UI Bastian Zulyeno, Ph.D. di Auditorium Gedung 4 FIB UI Depok, Senin (28/11/2022).

Dubes Abdulla Salem Al-Dhhaeri menyampaikan dalam pidato pembukaannya, terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada dosen, panitia, dan seluruh pihak yang mendukung dan berkontribusi dalam kesuksesan kegiatan ini.

"Kegiatan ini dapat mewujudkan semangat kerja sama budaya antara Kedubes UEA di Jakarta dan Universitas Indonesia," ujar Dubes Al-Dhhaeri.

Dia menyatakan, Kedubes UEA sepenuhnya siap untuk bekerja sama dengan Universitas Indoensia dan lembaga pendidikan lainnya dalam rangka meningkatkan kerja sama budaya dan pendidikan untuk berkhidmat dalam dua bangsa yang bersahabat.

Acara pembukaan juga dihadiri Atase Ekspatriat Kedutaan Besar Republik Yaman untuk Indonesia Khalid bin Saad, Direktur Timur Tengah Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu Bagus Hendraning Kobarsyih, Staf Khusus Rektor Bidang Kerjasama Industri dan Pendidikan Universitas Indonesia Muhammad Luthfi Zuhdi, Advisor OIC Youth Indonesia & Dosen Kajian Ketahanan Nasional SKSG UI Muhammad Syaroni Rofii, Ph.D, dan Kepala Peliputan Kantor Berita MINA sekaligus Wakil Sekjen Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) Rana Setiawan.

Selain itu dihadiri perwakilan dari IKABA, Kementerian luar Negeri RI, mahasiswa FIB UI, peserta lomba FFT 2022 pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus di Indonesia, serta tamu undangan lainnya.

Project Officer Festival Timur Tengah 2022 Nauval Baharmus menjelaskan, FFT menjadi wadah untuk

mengenang sejarah Arab sekaligus memperkenalkan budaya Timur Tengah melalui serangkaian lomba ilmiah, seminar, pameran, dan parade.

Festival Timur Tengah juga menjadi wadah untuk berdiskusi mengenai budaya dan sejarah negara-negara Arab antar mahasiswa bersama para tokoh akademisi lainnya.

 

Dia juga menyampaikan, Festival Timur Tengah 2022 bercita-cita untuk menjadi promotor budaya Timur Tengah utama jenjang mahasiswa di Indonesia, sekaligus menginspirasi para pemuda Indonesia untuk lebih terlibat dengan isu-isu Timur Tengah dan Dunia Arab.

"Acara ini sangat penting bagi kami untuk memberikan pengalaman yang substantif untuk para peserta, maupun undangan dari berbagai pihak, utamanya dalam menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa dunia," ujarnya.

Festival Timur Tengah (FTT) merupakan festival kebudayaan tahunan tingkat nasional yang diadakan oleh IKABA sejak 2009.

FTT selalu menjadikan Timur Tengah sebagai ikonnya dalam menampilkan gambaran singkat mengenai seni, budaya, dan sosiokultural masyarakat Timur Tengah yang beragam dan menarik.

FTT X tahun 2022 juga menampilkan berbagai acara menarik, di antaranya lomba Debat Bahasa Arab, Solois, lomba Baca berita Arab, Taqdimul qishoh, Dubbing, dan juga Bazaar.

Pada acara pembukaan FFT 2022 itu dimeriahkan dengan penampilan yang memukau solois mahasiswi sastra Arab yang punya keturunan Arab dan pembacaan puisi empat bahasa (Bahasa Arab, Hebrew, Persia, dan Turkiye) oleh mahasiwa FIB UI.*** (aboe/pp)