Home Disaster Dompet Dhuafa-Pemkab Garut Jalin Kerjasama Normalisasi Pasca Banjir Bandang

Dompet Dhuafa-Pemkab Garut Jalin Kerjasama Normalisasi Pasca Banjir Bandang

1,296
0
SHARE
Dompet Dhuafa-Pemkab Garut Jalin Kerjasama Normalisasi Pasca Banjir Bandang

Keterangan Gambar : "Dompet Dhuafa-Pemkab Garut Jalin Kerjasama Normalisasi Pasca Banjir Bandang

GARUT,Parahyangan-Post.com —Proses normalisasi kehidupan korban banjir bandang di Garut, Jawa Barat, terus bergulir. Dalam fase recovery (pemulihan) ini, Dompet Dhuafa terus mengawal proses percepatan kehidupan masyarakat yang menjadi korban.

Berangkat dari rencana program Dompet Dhuafa dalam fase pemulihan Garut pasca banjir bandang, Direktur Mobilisasi Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa Filantropi, Bambang Suherman bertemu Bupati Garut, Rudi Gunawan di kantornya, Rabu (19/10).

Pertemuan tersebut membahas penguatan koordinasi dan kerjasama yang selama ini sudah berjalan dan penyampaian rencana program Dompet Dhuafa untuk normalisasi kehidupan korban banjir.

“Fase pertama dari normalisasi yang paling krusial adalah masalah pemukiman penduduk. Ini akan terkait dengan isu relokasi korban, karena sebagian korban bertempat tinggal di DAS (Daerah Aliran Sungai) yang merupakan daerah yang paling parah terkena banjir,” ujar Bambang.

Maka dari itu, lanjut Bambang, Dompet Dhuafa merencanakan untuk membantu menyediakan hunian. Namun syaratnya adalah hunian tersebut layak dan terjangkau bagi para korban.

Mengingat kelancaran rencana tersebut akan sangat bergantung dengan pemerintah daerah setempat. Maka menurut Bambang, sangat diperlukan adanya komunikasi dan sinergi antara kedua belah pihak.

Bambang menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyambut positif dan menyanggupi untuk bekerjasama dengan Dompet Dhuafa. Bahkan Pemkab Garut sudah menyediakan data calon-calon penerima manfaat program pemulihan ini dan rencana lahan yang akan dibangun hunian.

“Pemerintah Garut sangat tanggap. Yang lebih menarik adalah lahan yang disediakan oleh pemerintah tersebut sudah tersertifikasi.Sehingga dapat mengurangi kemungkinan timbulnya sengketa kedepannya. Untuk komitmen kerjasamanya, nanti akan dibuatkan SK (Surat Keputusan) untuk Dompet Dhuafa dalam hal penanganan recovery bencana banjir ini,” pungkasBambang.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 20 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

(ratman/rls/pp)