Home Nusantara DKM Al Ikhlas Rayakan Idul Adha Terapkan Protokol Covid19

DKM Al Ikhlas Rayakan Idul Adha Terapkan Protokol Covid19

49
0
SHARE
DKM Al Ikhlas Rayakan Idul Adha Terapkan Protokol Covid19

BEKASI (Parahyangan-post.com) - Di tengah kondisi pandemi Covid19, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Ikhlas Perumahan VGH Ujung Harapan, Babelan, kabupaten Bekasi melaksanakan Sholat Idul Adha 1441 H dengan menerapkan protokol kesehatan terhadap jamaah dan penyembelihan hewan kurban Jumat (31/7).

Ketua DKM Al Ikhlas, Ustad Syamsul Burhan mengatakan pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini seperti sholat Idul Fitri sebelumnya, "kami menerapkan protokol kesehatan terhadap jamaah, termasuk dalam penyembelihan hewan kurban" kata Burhan.

"Protokol kesehatan diterapkan karena kami mengantisipasi, menjaga dan melindungi jamaah dari kondisi pandemi Covid19 yang masih membayangi saat ini" ungkap Burhan.

Burhan mengatakan protokol kesehatan yang diterapkan diantaranya jamaah wajib menggunakan masker, tetap menjaga jarak, berwudhu dari rumah, menggunakan handsanitizer.

Sedangkan dalam penyembelihan hewan kurban, menurut Burhan, panitia diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD) dan menggunakan baju berlengan tangan panjang.

Sholat Idul Adha 1441 H kali ini dilaksanakan di halaman Masjid Al Ikhlas.  DKM Al Ikhlas menyembelih hewan kurban sebanyak  24 hewan kambing, dan 3 ekor sapi.

"Hewan kurban kambing dan sapi bersumber dari kurban warga RW 046 kelurahan bahagia Babelan kabupaten Bekasi" ujarnya.

Burhan mengatakan daging hewan kurban akan didistribusikan ke warga yang membutuhkan lebih utama mustahiq.

Materi khutbah Idul Adha disampaikan Ustad Rahmatulloh S.Ag, dalam uraiannya Mubaligh dari Muhammadiyah ini berpesan agar keluarga muslim meneladani keluarga Nabi Ibrahim.

"Bagaimana kesabaran, ketaatan, dan keyakinan yang kuat Nabi Ibrahim mengalahkan godaan syaitan dan iblis" ungkapnya.

Rahmatulloh mengajak para ayah untuk mencontoh dan menauladani Nabi Ibrahim, nabi yang dijuluki Bapak dari para nabi, agar para ayah dapat membimbing keluarga dengan ketaatan kepada Allah Swt. (*)

(Dodo/PP)