Home Edukasi BIEF Selenggarakan Workshop Ekonomi Syariah

BIEF Selenggarakan Workshop Ekonomi Syariah

Inisiator Mahasiswa STEI SEBI

269
0
SHARE
BIEF Selenggarakan Workshop Ekonomi Syariah

Keterangan Gambar : Suasana Seminar BIEF di Masjid Al Barkah, Kota Bekasi, 9/2. (foto rls)

BIEF Selenggarakan Workshop Ekonomi Syariah  

Bekasi, parahyangan-post.com-Bekasi Islamic Economic Forum (BIEF) menyelenggarakan agenda ekonomi syariah di Bekasi. Acara di create oleh Organisasi yang terdiri dari Mahasiswa dan Mahasiswi STEI SEBI.

Kegiatan dimulai  tanggal 16 Januari 2020,  diawali dengan sosialisasi kepada para siswa/i SMA/Sederajat  di Kota dan Kabupaten Bekasi.

            Pada tanggal 9 Februari kegiatan berlangsung di Masjid Al Barkah, kota Bekasi berupa seminar. Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta sebagaian besar datang lebih awal dari waktu yang telah di tentukan. Terdiri dari siswa/i yang sekolahnya mendapatkan jadwal sosialisasi. Mereka datang bersama kedua orang tua. Selain siswa,  masyarakat umum juga banyak yang hadir.

            Acara diawali dengan pembacaan sari tilawah oleh perwakilan panitia. Ayat yang dibacakan mengenai hukum riba, sebagaimana materi yang akan di bawakan oleh keynote Speech pada agenda ini. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua kegiatan seminar Fatan Rafiuddin. Fatan menyampaikan, kegiatan bukan hanya dilakukan tahun ini saja, tetapi dari tahun ketahun. Ia berharap  dapat membantu syiar ekonomi syariah khususnya di daerah Bekasi.

            Masuk ke acara inti yaitu materi yang di bawakan oleh Ust. Nur s. Buchori SE,S.Pd.,M.Si. dengan di pandu oleh Kiki Ginanjar sebagai moderator. Pembahasan di mulai dari QS Al Qasas; (28) ayat 88 bagaimana pada ayat ini Islam mengajarkan muamalah kepada para ummatnya. Muamalah sendiri adalah interaksi. Interaksi ini bersifat umum. Interaksi kepada rabb sang pencipta ataupun interaksi kepada sesama manusia. Dalam interaksi sesama manusia pun  memiliki cabang, dan di antara cabang cabang tersebut adalah dalam bidang ekonomi.

            Beliau melanjutkan bahwa Islam membangun ekonomi dengan satu tujuan. Yaitu agar mencapai sebuah falah (kesejahteraan dunia dan akhirat). Falah tersebut di dasari oleh 3 pilar utama yaitu ; (1) Adil, (2) At Tawwazun, (3) Al Mashlahah.

Dari ketiga inilah kita ketahui bahwasanya riba adalah sesuatu yang dilarang oleh Allah, karena riba melanggar ke 3 point ini,” tutur Ustad Buchori.

            Sebelum dilanjutkan  ke sesi berikutnya, guest star dari El Jihad Voice membawakan 2 lagu. Setelah itu sharing motivation yang di bawakan oleh Martias Samsudin, di pandu oleh Muhammad Hafidh selaku moderator dengan bahasan mengenai sejarah dan seluk beluk memulai bisnis. Di dalamnya bang martia berpesan agar jiwa muda mendobrak rasa takutnya untuk dapat memulai berbisnis

            Acara berakhir pada pukul 11.30 yang di tutup dengan lagu dibawakan oleh Guest star. Dan dilanjutkan dengan Test Beasiswa,  diadakan oleh STEI SEBI.*** (aboe/pp/rls)