Home Edukasi Bertemu Bubut Alang-alang di Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography Annahl Ecopark 2021

Bertemu Bubut Alang-alang di Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography Annahl Ecopark 2021

Oleh : Agus Fatah ( Aktivis Konservasi AN NAHL Ecopark)

91
0
SHARE
Bertemu Bubut Alang-alang di Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography Annahl Ecopark 2021

Keterangan Gambar : Tamu (peserta) Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography Annahl Ecopark 2021

Bertemu Bubut Alang-alang di Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography Annahl Ecopark 2021

Oleh : Agus Fatah ( Aktivis Konservasi AN NAHL Ecopark)

 

Alhamdulillah, hampir setiap pekan team Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography Annahl Ecopark 2021 menemukan sesuatu yang menarik dan menantang untuk diabadikan kamera para peserta dan juga kedatangan tamu-tamu istimewa.

Seperti Sabtu lalu, team  Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography Annahl Ecopark 2021 kedatangan tamu tamu istimewa,  diantara tamu istimewa itu antara lain : Ms Meera Kepsek AN NAHL Islamic beserta putrinya  adik Sana (9 tahun), Kak Deni (YABI) bersama putranya : Bintang ( 8 tahun) Kak Iwan (Langit Biru),  bersama putranya : Fatih (10 tahun), Kak Ardi (Sekolah Citra Alam Ciganjur), Pak  Fajri (Inagro), Bunda Dyah Mulatsih (Green Parenting) dan Kak Nisa (Biodiversity Warriors KEHATI). 

Usai briefing pagi,  Dipandu oleh  Kak Khoir selaku peneliti utama kegiatan ini,  para peserta langsung diajak untuk  menyusuri lokasi yang masih asri (Desa Ciangsana) di belakang AN NAHL Ecopark.

Dalam perjalanan  pengamatan dilokasi desa Ciangsana para peserta berhasil mendapatkan objek yang menarik untuk dipotret dan diidentifikasi seperti kupu-kupu, capung dan burung.

Alhamdulillah diakhir perjalanan pengamatan  kak Khoir dan Kak Nisa berhasil melacak keberadaan seekor burung yang terbang melintas ladang petani disamping kiri jalan. Kak Khoir dengan feeling dan insting pengamatannya yang terlatih dibantu dengan dukungan drone yang pasang oleh Kak Ardi,  alhamdulillah, akhirnya team peneliti berhasil melacak keberadaan burung tersebut, lalu memotret dan mengidentifikasinya.

Dari hasil identifikasi, diketahui bahwa burung yang tertangkap kamera tersebut adalah burung Bubut alang-alang.

Bubut alang-alang (bahasa Latin = Centropus bengalensis) adalah spesies burung dari keluarga Cuculidae, dari genus Centropus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat, laba-laba, belalang, serangga lain dan memiliki habitat di belukar, payau, daerah berumput terbuka serta padang alang-alang, tersebar sampai ketinggian 1.000 m dpl, jarang sampai 1.500 m dpl.

Ciri-ciri Bubut Alang-alang

Bubut alang-alang memiliki tubuh berukuran agak besar (42 cm), dengan berwarna coklat kemerahan dan hitam, ekor panjang. Mirip Bubut besar, tetapi lebih kecil dan warna lebih suram, hampir kotor. Mantel berwarna coklat berangan pucat, tersapu hitam.

Burung remaja umumnya memiliki tubuh berwarna coklat muda bergaris-garis. Bulu dengan pola warna peralihan umum ditemukan. Iris berwarna hitam, paruh hitam, kaki hitam. Burung ini mencari makan ditanah, dan umumnya bersembunyi di semak belukar. Terbang jarak pendek dengan mengepak-ngepak pendek di atas vegetasi. Sering berjemur di tempat terbuka pada pagi hari atau setelah hujan.

Sarang bubut alang-alang berbentuk bola rumput tersembunyi dekat permukaan tanah, di antara batang rumput tinggi.

Bubut alang-alang memiliki telur berwarna putih, dengan jumlah 2-4 butir. Berbiak bulan November, Januari, Maret, dan Juli.

Senang rasanya kedatangan tamu-tamu istimewa dan objek pengamatan yang dapat diabadikan kamera.

"Fabiayyi aala irabbikuma tukadzibaan"

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kalian dustakan? " (QS. Ar-Rahman : 13).***