Home Profil Bencana Selalu Menambah Orang Miskin

Bencana Selalu Menambah Orang Miskin

Arifin Purwakananta, Direktur Utama BAZNAS

81
0
SHARE
Bencana Selalu Menambah Orang Miskin

JAKARTA (Parahyangan-Post.com) – Direktur Utama Badan Amil Zakat, Arifin Purwakananta mengatakan bahwa bencana selalu menambah orang miskin, hal tersebut disampaikan Arifin saat menjadi salah satu narasumber dalam diskusi, dalam acara Penandatanganan MoU Penyerahan Bantuan Banjir Jabodetabek, Komitmen Tangguh Bencana Gojek, di Kantor Gojek, Rabu (18/02), Kawasan Blok M, Jakarta Selatan. 

Menurut Arifin, untuk itu Baznas, ikut terlibat dan salah satu programnya ada penanggulangan bencana, dibawah divisi Baznas Tanggap Bencana (BTB). Dari hasil pengumpulan dana zakat yang terkumpul, sekitar 12 persen untuk kegiatan kebencanaan, jelasnya. 

Para mitra Gojek, lanjut Direktur Utama Baznas, mereka adalah sangat luar biasa, sangat menyenangkan bekerjasama dengan mereka, tidak saja membantu tetapi mereka juga memberikan semangat kepada warga masyarakat. 

Kami di Baznas mendapat amanah untuk mengelola dana dari para mitra Gojek yang terkumpul, untuk itu kami akan salurkan sebaik-baiknya. Dan kami telah membangun huntara di Lebak, disana ada logo gojek, Baznas dan KitaBisa. 

Kedepan kita akan terus berkolaborasi dengan Gojek, untuk bersama-sama dalam kegiatan penanggulangan bencana, disamping itu juga kami siap untuk bekerjasama dengan Gojek, tidak saja pada saat respon bencana, tetapi mulai dari pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. 

Sebagimana diketahui, bahwa pada acara Penandatanganan MoU dan Penyerahan Bantuan Banjir Jabodetabek, Komitmen Tangguh Bencana Gojek, diserahkan donasi sebesar Rp.1 milyar untuk membantu fase pemulihan pascabencana banjir yang melanda Jabodetabek pada awal 2020 lalu. 

Donasi tersebut berasal dari kebaikan hati puluhan ribu masyarakat Indonesia pengguna dan mitra ekosistem Gojek. Penggalangan dana untuk banjir Jabodetabek ini dilakukan dengan memanfaatkan platform GoGive, layanan donasi online Gojek dengan Kitabisa.com. 

Sementara penyaluran donasi terkumpul akan dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Tidak berhenti di situ, komitmen Gojek untuk ketangguhan bencana dipertegas melalui kerja sama yang tertuang di nota kesepahaman dengan BNPB, yang ditandatangani hari ini. 

“Dan kita sedang membantu pemerintah menanggulangi kebencaaan,” pungkas Direkatur Utama Baznas, Arifin Purwakanta. 

(ratman/pp)