Home Nusantara BBSC3 Laksanakan Proyek Rehabilitasi D.I Ciujung (Paket.1)

BBSC3 Laksanakan Proyek Rehabilitasi D.I Ciujung (Paket.1)

465
0
SHARE
BBSC3 Laksanakan Proyek Rehabilitasi D.I Ciujung (Paket.1)

SERANG (Parahyanganpost.com)  – Produktifitas pangan merupakan faktor penting guna terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran suatu negara. Pasokan pangan nasional sebagian besar dihasilkan dari lahan irigasi. Meningkat atau menurunnya produktifitas pangan tergantung pada kinerja irigasi tersebut. 

Oleh karena itu pemerintah harus melakukan usaha untuk dapat meningkatkan kinerja jaringan irigasi guna terpenuhinya kebutuhan air irigasi di lahan-lahan pertanian. Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) tahun ini melakukan rehabilitasi saluran irigasi yang rusak sehingga membuat air tidak lancar mengalir ke lahan persawahan milik Warga. 

“Rehabilitasi saluran irigasi yang rusak di beberapa titik yang tersebar Pamarayan Timur dan Pamarayan Utara Kabupaten Serang," 

Site manager project PT. Sumber Artha Reksa Mulia, Yudi Pratama,ST menyampaikan Proyek Jaringan Rehabilitasi Pamarayan Timur dan  Pamarayan Utara, merupakan Proyek Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat PU-Pera Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Jaringan Pemanfaatan  Air Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau – Ciujung – Cidurian (BBSC3). 

Yudi menyebutkan, titik yang menjadi sasaran kegiatan rehabilitasi saluran irigasi sekunder yang rusak tersebut yakni Pamarayan Timur dan Pamarayan Utara. 

Yudi menjelaskan,pasalnya saluran irigasi Pamarayan Timur Dan Pamrayan Utara di Wilayah tersebut mengalami kerusakan diduga karena sudah lama digunakan untuk mengairi sawah sehingga  air irigasi dari saluran sekunder menjadi tidak lancar mengalir ke lahan persawahan milik petani di daerah ini.ungkapnya. 

Yudi melanjutkan, Proyek rehabilitasi yang dilaksanakan oleh PT. Sumber Artha Reksa Mulia antara lain Pemasangan Lining Sepanjang3.614.M , dan Ccsp 170.M di sekitar Pamarayan Timur Dan untuk pengerjaan Pamarayan Utara terdiri dari pemasangan Lining 1.275.M serta Pasangan Batu Sepanjang 700.M Kanan dan Kiri Jadi total untuk pemasangan batu secara keseluruhan 1.400.M,tambahnya. 

Untuk penanganan tanggul yang kritis,kami melakukan rehabilitasi menggunakan pemancangan /CCSP dengan menggunakan pondasi beton dan pemasangan Lining Prikes untuk dinding penahan Longsor agar tanah tidak Labil, sehingga bangunan air ini harus kuat dan terbebas dari proses keruntuhan atau tergerusnya dinding penahan. Pembuatan Pondasi Beton, serta Pondasi batu kali yang digunakan sebagai pelindung bangunan sekitar. Pada proyek ini dimulai dari proses pemancangan, yang menggunakan Corrugated Concrete Sheet Piles (CCSP). Proses pembuatan CCSP menggunakan sistem fabrikasi tukasnya. 

Pada kesempatan lain Salah satu konsultan pengawas PT Panca Guna Duta,Dodi menyampaikan nilai total anggaran proyek Rehabilitasi Ciujung Paket 1 mulai dari Pamarayan Timur Dan Pamarayan Utara Kabupaten Serang Banten DI. Ciujung (Paket.1) plus dengan PPN sebesar Rp. 59.650.569.000., dan itu yang tertera di Papan Proyek.Ucapnya. 

Tapi pada kenyataan nya dengan adanya Covid19 Anggaran tersebut dipangkas Kurang Lebih Sebesar 30% dari anggaran yang tertera di Papan proyek.Ungkapnya. 

Dari sisa anggaran yang terpangkas, pihak pelaksana harus mengerjakan mulai dari Pamaraian Timur penanganan pekerjaan sepanjang sekitar 16.KM sedangkan Pamaraian Utara penanganan sepanjang sekitar 14,8.KM, terdiri dari pekerjaan Pemasangan Pondasi Beton,Pemasangan Lining Frikes,perbaikan tanggul, pemasangan Batu dan pekerjaan lainnya.Ucapnya. 

Diharapkan hasil pekerjaan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat terutama petani dan dapat meningkatkan produktivitas pertanian.Ujar Dodi.


(red/tim/pp)