Home Disaster BAZNAS Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir Kudus

BAZNAS Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir Kudus

140
0
SHARE
BAZNAS Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir Kudus

KUDUS (Parahyanganpost.com) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terjun langsung melayani masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Banjir yang melanda Kudus disebabkan meluapnya air sungai Wulan hingga menyebabkan beberapa desa di tiga kecamatan tergenang banjir, di antaranya Desa Setrokalangan, Desa Kedungdowo, Desa Banget, Desa Blimbing Kidul, Desa Jati Wetan, Desa Mejobo dan Desa Golantepus. 

Dalam aksinya, BAZNAS turut mengerahkan tim BAZNAS Tanggap Bencana untuk mendistribusikan paket logistik, serta puluhan paket kebersihan dan alas tidur kepada korban banjir. BAZNAS Tanggap Bencana Pusat juga dibantu BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Karanganyar untuk proses evakuasi. Selain itu, BAZNAS pun menerjunkan tiga personel dari Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta untuk proses pemeriksaan kesehatan korban dan relawan Lembaga Beasiswa BAZNAS untuk layanan psikososial. 

"Pendistribusian ini merupakan bentuk kepedulian BAZNAS kepada masyarakat yang membutuhkan di manapun berada. Selain penyerahan bantuan, BAZNAS juga terus berupaya mengevakuasi warga yang rumahnya terdampak banjir untuk dibawa ke tempat pengungsian sementara yang lebih aman," kata Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. H. Noor Achmad, M.A, saat penyerahan paket bantuan kepada Kepala Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (2/2). 

Noor menambahkan, dapur air di posko utama yang terletak di Desa Kedong Dowo turut disediakan BAZNAS untuk kebutuhan korban dan para relawan. 

"BAZNAS juga akan membuka layanan dapur umum di Desa Banget, Kecamatan Kaliwungu Kudus, selain dapur air di posko utama. Besok, BAZNAS kembali melakukan evakuasi korban banjir," ujarnya. 

Menurut Noor, perhatian utama pihaknya saat ini adalah proses evakuasi dan pendistribusian makanan serta kebutuhan pokok kepada korban banjir. Noor menyebut, BAZNAS terus berkoordinasi dengan berbagai pihak dan seluruh stakeholder terkait untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para korban. 

"Selain itu, BAZNAS juga akan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terdampak tentang pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan selama pandemi, meski di tengah bencana banjir seperti saat ini," ucap Noor. 

Noor memastikan, BAZNAS siap mendampingi para korban terdampak, dalam proses evakuasi hingga pemulihan bencana. Ia pun berharap korban banjir Kudus selalu diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini.

(sumber : Humas Baznas/rls/pp)