Home Edukasi BAZNAS Bersama Indorunners dan Cause Gelar Program Amal Pendidikan Lewat Virtual Run

BAZNAS Bersama Indorunners dan Cause Gelar Program Amal Pendidikan Lewat Virtual Run

147
0
SHARE
BAZNAS Bersama Indorunners dan Cause Gelar Program Amal Pendidikan Lewat Virtual Run

Keterangan Gambar : Selain itu, bagi yang ingin berdonasi juga bisa langsung menambahkan donasinya saat mendaftar ataupun melalui rekening BAZNAS dengan nomor rekening 89130190 0302 0008 (BNI Syariah). Tidak hanya donasi berupa materi, bantuan untuk para siswa-siswi ini bisa berupa barang dan dapat dikirimkan langsung ke Kantor BAZNAS atau diwakilkan terlebih dahulu. (sumber foto : Humas Baznas/PP

JAKARTA (Parahyangan-post.com) -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Indorunners dan Cause mengadakan program amal bertajuk #PendidikanRun. Dalam program amal ini, masyarakat diajak berdonasi dengan cara yang unik, yakni berdonasi sembari berolahraga lari secara virtual. 

Program ini dikhususkan untuk membantu 280 siswa-siswi Sekolah Cendekia BAZNAS yang berasal dari seluruh Indonesia, yang saat ini mengalami kendala dalam kegiatan belajar karena dampak Covid-19. Seperti diketahui Pemerintah telah meliburkan seluruh aktivitas sekolah dan menggantinya dengan kegiatan belajar mengajar secara online. 

Setelah terkumpul, nantinya donasi akan disalurkan ke siswa-siswi Sekolah Cendekia BAZNAS dalam bentuk fasilitas teknologi seperti akses internet, peralatan penunjang, bantuan biaya operasional, serta kebutuhan gizi. 

Direktur Utama BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta mengatakan dalam penerapan sistem kegiatan belajar mengajar secara online, siswa-siswi Sekolah Cendekia BAZNAS mengalami kendala karena para siswa saat ini tinggal bersama dalam satu asrama. Kurangnya sarana prasarana pendukung asrama untuk melaksanakan aktivitas belajar mengajar dengan sistem online membuat mereka kesulitan untuk belajar seperti biasanya. 

“Para siswa yang menuntut ilmu di Sekolah Cendekia BAZNAS merupakan anak-anak kurang mampu berprestasi yang minim fasilitas penunjang untuk sistem pembelajaran online. Mereka tidak memiliki perangkat yang memadai karena mereka memang hanya bisa menjalani belajar dengan sistem tatap muka langsung. Oleh karena itu dalam kondisi krisis saat ini, mereka sangat membutuhkan dukungan agar tetap dapat maksimal menuntut ilmu di tengah keterbatasan kondisi yang ada,” ujar Arifin. 

Untuk itu, lanjut Arifin, BAZNAS menyambut positif atas kerja sama yang terjalin dengan Indorunners dan platform virtual run asli Indonesia yang bernama Cause. Menurutnya, kerja sama program #PendidikanRun ini bisa menjadi harapan baru para siswa-siswi Cendekia BAZNAS untuk dapat memaksimalkan sistem belajar mengajar mereka di tengah pandemi ini. 

“Sebuah kolaborasi yang baik antara BAZNAS serta Indorunners dan Cause dalam upaya membantu adik-adik kita mendapatkan ilmu di tengah keterbatasan karena pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Semoga kerja sama ini bisa menginisiasi gerakan zakat lainnya, untuk membantu lebih banyak lagi siswa kurang mampu yang ikut terdampak pendidikannya karena Covid-19,“ jelasnya. 

Sementara itu, Co-founder dan CEO dari Cause Virtual Run, Enrico Hugo mengatakan, dengan adanya gerakan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berdonasi, meski keterbatasan tempat di tengah pandemi. Ia pun mengajak masyarakat untuk saling membantu dan bergotong royong agar bersama-sama bisa keluar dari krisis Covid-19. 

“Untuk melewati pandemi ini, sudah seharusnya kita semua saling membantu dengan berkolaborasi. Melalui gerakan #PendidikanRun ini, kami ingin mengajak semua masyarakat Indonesia untuk turut berkontribusi dalam menyelamatkan pendidikan di Indonesia dengan berolahraga sambil berdonasi.” jelas Enrico Hugo. 

Dalam kesempatan terpisah, Pogram Director Indorunners LUAS (Lari Untuk Amal Sosial), Holip Soekawan menuturkan, gerakan ini ditujukan untuk mengikuti imbauan agar tetap di rumah saat pandemi, namun masih bisa berolahraga. Karena yang terpenting, menurut Holip, saat adanya pandemi seperti ini adalah memutus rantai penyebaran penyakit dan menjaga tubuh agar tetap fit. 

"Dengan adanya imbauan #dirumahaja dari Pemerintah, kami mengajak masyarakat untuk tetap aktif berolahraga, walaupun di rumah sendiri. Jika lari tidak memungkinkan, yang penting fisik tetap aktif untuk membantu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, sembari donasi untuk #PendidikanRun" ujar Holip. 

Program amal #PendidikanRun akan berlangsung selama pada 01 Mei hingga 31 Mei 2020. Cara berdonasi pun sangat mudah, cukup mendaftar di tautan cause.id, lalu pilih acara #PendidikanRun pada menu Race dan kemudian klik Register Now.

------------------------------
Peliput : Humas  Baznas
Editor : Ratman/PP